Baru Juga Lahir, Bayi Ini Dibuang Orangtuanya di Tomohon

Penemuan bayi perempuan baru lahir terbuang di Tomohon, Sulawesi Utara, memerlukan perhatian serius.

Baru Juga Lahir, Bayi Ini Dibuang Orangtuanya di Tomohon
Bayi Ini Dibuang Orangtuanya di Tomohon. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Baru saja lahir 5 jam, bayi perempuan dibuang oleh orang tuanya di sebuah kardus dan diletakkan begitu saja di sebuah rumah yang diparkir di keluarga Runtu-Simbar Kelurahan Woloan 1 Ling 8 Kecamatan Tomohon Barat, Sulawesi Utara pada hari Rabu malam (20/8) 18.45 WITA.

Penemuan bayi perempuan pertama kali didapati oleh pemilik rumah Felby Simbar di atas kap mobil Fortuner Hitam miliknya.

“Mengetahui penemuan bayi perempuan tersebut, Ibu Felby langsung menghubungi Lurah setempat Andre Koyongian yang langsung melapor pada Polisi. Bayi baru lahir yang dibuang dibawa ke RS Bethesda Tomohon” kata Kapolsek Tomohon Tengah Sulawesi Utara Kompol Sammy Pandelaki hari Kamis (31/8).

Aparat yang mendapat laporan ada temuan bayi dibuang datang ke RS Bethesda dan mengumpulkan keterangan saksi serta melakukan penyelidikan untuk mengetahui pelakunya.

Felby mengungkap penemuan bayi perempuan ia dapati di sebuah kardus air mineral. Bayi diberi selimut warna putih. Pada kardusnya terdapat tulisan “Urus akang ini anak, Tuhan memberkati”. 

Baca Juga : 2 Bayi yang Tertukar di Bogor Jadi Anak Angkat Polres Bogor

“Bayi tidak berdosa ditemukan tadi, bayi dibuang oleh orang tuanya” bunyi unggahan di Facebook tentang bayi baru lahir yang dibuang tersebut sembari mengunggah foto bayi yang diberi selimut dan diletakkan di dalam kardus.

Hingga berita ini disampaikan, pemilik bayi tersebut belum diketahui. Bayi dibuang masih berada di rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Jika tidak ditemukan orang tuanya maka bayi akan diserahkan ke Dinas Sosial. Jika ada yang ingin mengadopsi harus melalui prosedur.

“Bayinya sementara dirawat di RS Bethesda untuk mendapat perawatan. Kita juga masih lakukan penyelidikan. Kalau tidak ada yang mengakui bayi tersebut maka nanti akan kita serahkan kepada Dinas Sosial. Jika ada yang ingin mengadopsi harus melalui prosedur. Kan untuk adopsi ada prosedur dan itu nanti setelah diserahkan ke Dinsos” pungkas Kasi Humas Polres Tomohon Sulawesi Utara AKP Ferdy Suluh.

Bayi baru lahir dibuang ada berbagai kemungkinan sebabnya misalnya anak yang tidak diinginkan karena hasil hubungan gelap atau pemerkosaan, orang tua merasa tidak mampu mengurus karena masalah ekonomi, hingga orang tua bayi yang pada dasarnya memang tidak mau bertanggung jawab untuk mengurus anaknya sendiri.

Baca Juga : Geger! Penemuan Bayi Dalam Kardus di Lampung