Apa Itu Fitur Direktori Bisnis Di WhatsApp? Bisa Bantu Usaha Lebih Maju!

WhatsApp merilis fitur baru bernama Direktori Bisnis. Apa itu fitur Direktori Bisnis yang bisa mempermudah mereka mempromosikan usaha bisnis sampai UKM?

Apa Itu Fitur Direktori Bisnis Di WhatsApp? Bisa Bantu Usaha Lebih Maju!
Fitur Direktori Bisnis di WhatsApp. Gambar : Dok. Meta

BaperaNews - WhatsApp merilis fitur baru bernama Direktori Bisnis. Fitur ini baru dirilis di lima Negara yaitu Brasil, Inggris, Meksiko, Indonesia, dan Kolombia.

Fitur Direktori Bisnis memungkinkan pengguna bisa menelusuri daftar bisnis di beragam kategori seperti bank, travel, atau belanja online. Bisa juga dengan mencari nama bisnisnya secara langsung di laman pencarian. Cara kerjanya mirip buku telepon Yellow Pages yang dulu pernah populer.

“Dengan fitur ini pengguna tak harus mencari nomor telepon di web atau di daftar kontak mereka” ujar Meta dalam keterangan resminya pada Sabtu (19/11).

Bisnis yang masuk ialah nomor telepon yang telah mendaftar WhatsApp Business di lima Negara tersebut, secara otomatis bisnisnya akan masuk ke Direktori Bisnis, bisa ditemukan oleh semua pengguna WA.

Hanya bisnis milik organisasi atau perusahaan yang telah diverifikasi yang muncul. Sedangkan di Brasil, daftar juga menampilkan daftar usaha kecil. Peluncuran fitur Direktori Bisnis telah dilakukan secara terbatas di Sao Paulo, Brasil sejak tahun lalu. Di Brasil, fitur hanya tersedia di Android, sedang di empat Negara lain bisa untuk Android dan iOS.'

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: 1 Akun Bisa Login Di 2 HP

Untuk mencari bisnis yang ingin dihubungi, caranya mudah yaitu :

  • Ketik tombol New Chat di sudut kanan bawah.
  • Pilih opsi Business di daftar kontak.
  • Ketik nama bisnis yang ingin dicari di bilah pencarian atau telusuri dari kategori yang ada.
  • Klik akun bisnis yang ingin dihubungi dan sampaikan pesan yang ingin dikirimkan.

Fitur Direktori Bisnis dirilis untuk para pelaku bisnis dan UKM, mempermudah mereka mempromosikan usaha serta memudahkan pengguna WA menemukannya. Hingga Oktober 2020, Meta yang merupakan induk WhatsApp menyebut telah memiliki lebih dari 175 juta orang tiap harinya berbisnis dengan platform buatannya.

WhatsApp selama ini memang menjadi salah satu media bisnis seperti nomor call center, nomor bisnis utama, dan nomor layanan pembelian. Bersama dengan fitur Direktori Bisnis, WhatsApp juga meluncurkan fitur belanja lewat chat, shopping carts, dan katalog.

Di Brasil, sedang dilakukan uji coba kerjasama WhatsApp Bisnis dengan sejumlah mitra pembayaran, maka, pengguna bisa berbelanja dengan lebih mudah, hanya melalui WA. Penjual juga bisa menjual dagangannya di WA.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: Bisa Buat Polling Di Grup Dan Percakapan Pribadi, Simak Cara Buat Polling!