Sudah Lulus Uji, Mobil Terbang Akan Segera Dirilis Siap Saingi Pesawat

Sebuah mobil terbang dinyatakan lulus uji coba di Slovakia, kendaran yang merupakan mobil sekaligus pesawat tersebut diberi nama AirCar. Simak informasi lengkapnya!

Sudah Lulus Uji, Mobil Terbang Akan Segera Dirilis Siap Saingi Pesawat
Gambaran Mobil Terbang Yang Akan Segera Dirilis. Gambar: otomotif.tempo.co/ Klein Vision

BaperaNews - Sebuah mobil terbang sudah lulus uji coba di Slovakia, kendaraan hybrid tersebut yang merupakan mobil sekaligus pesawat diberi nama AirCar. Sertifikat keamanan dan kelayakan udara juga telah diberikan pemerintah Eropa timur dimana saat uji coba AirCar berhasil memenuhi salah satu syarat terbang 70 km dengan lancar dan aman.

“Pengujian penerbangan dan fisik kita lakukan dengan ketat, ada banyak tes penerbangan yang menantang dan sulit seperti berbagai maneuver dan kinerja stabil, statis, serta dinamis dalam mode pesawat, jadi terbukti aman dan bagus untuk dipakai” ujar Klein Vision, perusahaan yang membuat mobil terbang ini pada Rabu 26 Januari 2022.

Izin yang dikeluarkan juga sesuai dengan Standar Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) namun pengemudinya tetap harus seorang pilot pesawat yang kompeten dan punya lisensi khusus untuk menerbangkannya.

AirCar yang digadang akan menyaingi pesawat sendiri akan segera dijual kepada umum setidaknya dalam 12 bulan ke depan. Klein Vision menjelaskan AirCar memiliki sumber tenaga mesin BMW 1,6 L dan bisa dijalankan dengan bahan bakar minyak jenis apapun, kendaraan juga bisa terbang dengan ketinggian maksimal 18.000 kaki.

Baca Juga: Mau Beli TV Transparan? Simak Penjelasannya Terlebih Dahulu!

Sebelumnya, mobil terbang EHang 216 juga pernah dipamerkan di Indonesia pada 21 April 2021 lalu, mobil tersebut juga sudah lulus uji regulasi Departemen Perhubungan dan secepatnya akan dijual, namun hingga kini belum ada kabar lanjutan terkait hal tersebut.

“Kita akan jual untuk umum, akan ada beberapa titik, kita akan pakai untuk kendaraan umum seperti taksi, jadi nanti boleh juga dipinjam aplikasi secara online untuk mengantar penumpang dari satu titik ke titik lain, kalau pakai mobil terbang kan lebih cepat bebas macet, masuknya ini kendaraan terbang tanpa awak” kata Rudy, Direktur Prestige Image Motorcars 10 September 2021 lalu.

Berbeda dengan AirCar, untuk EHang ini kata Rudy adalah buatan China dengan memakai teknologi listrik dan pengoperasian otomatis, mobil terbang EHang bisa mengangkut 2 orang dewasa  dengan khas fisiknya delapan tangan dan 16 buah baling-baling.

EHang bisa lepas landas dan melakukan pendaratan secara vertikal dan lengannya bisa terlipat sehingga akan menghemat ruang parkir, hanya butuh tempat parkir seluas 55 meter. Ehang punya tinggi 1,7 meter dan lebar 5,6 meter. Kita tunggu saja peredaran resminya di Indonesia.

Baca Juga: Chipset Yang Sudah Bagus Menjadi Alasan Utama Untuk Beli Ponsel 5G Sekarang