Simak 5 Cara Mengatasi Baterai Handphone Agar Tetap Awet

Memiliki baterai handphone yang boros atau cepat habis memang menyebalkan, oleh karena itu simak 5 cara mengatasi baterai handphone agar tetap awet.

Simak 5 Cara Mengatasi Baterai Handphone Agar Tetap Awet
Cara Mengatasi Baterai Handphone Agar Tetap Awet. Gambar : Pixabay.com

BaperaNews - Handphone kini telah menjadi kebutuhan untuk setiap orang di era modern seperti ini. Tanpa adanya handphone, mungkin aktivitas seseorang sehari-hari akan terganggu dan tidak maksimal. 

Namun, setiap handphone pasti memiliki baterai yang seiring penggunaannya lama kelamaan akan habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi baterai handphone agar tetap awet dan tahan lama.

Sebab, saat ini tidak sedikit orang yang sering kesal apabila baterai handphonenya boros atau mudah habis. Dan tentu saja hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti cara menggunakan handphone yang kurang tepat, usia handphone yang sudah lama, hingga pengaruh pada sistemnya. 

Terlebih lagi saat ini banyak handphone yang bisa menyimpan berbagai aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar. Aplikasi-aplikasi itulah yang bisa mempengaruhi penggunaan baterai harian. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi baterai handphone agar tetap awet dan tahan lama.

Berikut Cara Mengatasi Baterai Handphone Agar Tetap Awet:

  1. Jangan menggunakan handphone saat sedang mengisi daya

Nah siapa nih yang sering melakukan hal ini? jangan diulangi lagi ya. Karena, menggunakan handphone ketika sedang mengisi daya bisa meningkatkan temperatur pada baterai lho. 

Temperatur tersebut sangat berpengaruh pada daya hidup baterai, sehingga apabila temperatur tinggi, maka bisa meningkatkan tekanan terhadap baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat dari biasanya. 

Oleh karena itu, biar baterai handphone Anda tetap awet, Anda harus bisa menahan diri untuk tidak memainkan handphone ketika sedang mengisi daya.

Baca Juga : Modus Penipuan Mengatasnamakan Perbankan, Pakar Keamanan Siber Buka Suara!

  1. Kecerahan layar handphone diatur

Cara mengatasi baterai handphone agar tetap awet selanjutnya adalah mengatur tingkat kecerahan pada layar handphone ke yang paling rendah. Karena, visual yang muncul di layar bisa mempengaruhi daya baterai handphone. Supaya baterai semakin hemat, Anda juga dapat mengatur time sleep ke waktu yang sekiranya tidak begitu lama, misalnya 1 menit. 

  1. Aktifkan mode pesawat jika tidak digunakan

Mengaktifkan mode pesawat juga salah satu cara efektif supaya baterai handphone tetap awet. Ketika Anda menggunakan jaringan Wifi, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat, terutama ketika tidak membutuhkan fasilitas dari sim card, seperti SMS atau telepon menggunakan pulsa. 

  1. Menjaga siklus pengisian daya

Masih banyak orang yang menganggap bahwa salah satu faktor baterai handphone cepat boros karena mengisi daya semalaman. Padahal, hal itu kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar handphone.

Sebab, handphone saat ini sudah dibekali sistem yang dapat menghentikan daya listrik secara otomatis saat baterai telah terisi penuh. 

Nah, sebagai gantinya, Anda bisa mengatasi baterai agar tetap awet dengan cara menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya adalah, Anda bisa mengisi daya handphone ketika baterainya telah 40% dan mencabut kabel charger saat baterai sudah terisi sekitar 80%. Tidak hanya sebagai cara supaya baterai tetap awet, cara ini juga bisa untuk menjaga siklus baterai handphone supaya tidak merusak sistem di dalamnya. 

  1. Gunakan low power mode atau battery saving mode

Handphone saat ini telah dilengkapi dengan fitur low power mode atau battery saving mode yang berfungsi sebagai salah satu cara untuk mengatasi baterai handphone agar tetap awet.

Fitur tersebut berguna untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background handphone. Biasanya fitur low power mode tersebut harus diaktifkan secara manual dan Anda harus memastikannya sendiri lewat pengaturan pada masing-masing handphone yang Anda miliki. 

Nah itu dia beberapa cara mengatasi baterai handphone agar tetap awet dan tahan lama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kebocoran pada baterai handphone. Seperti yang Anda lihat, berbagai cara tersebut terlihat memang mudah, namun pada kenyataannya cukup sulit untuk mencegah kebocoran pada baterai handphone. 

Oleh karena itu, apabila Anda telah melakukan berbagai macam cara supaya baterai handphone tetap awet tetapi masih saja baterai tersebut boros, Anda perlu mendatangi service center dari merek handphone yang Anda miliki agar segera diperbaiki. 

Baca Juga : Google Hadirkan Fitur Multisearch Untuk Pencarian, Dijamin Lebih Akurat