Cara Setting Ganjil-Genap di Google Maps Biar Gak Kena Tilang!

Google Maps dapat memberikan rute/jalan yang sesuai dengan plat nomor kamu, baik itu ganjil maupun genap. Simak cara setting Ganjil Genap di Google maps

Cara Setting Ganjil-Genap di Google Maps Biar Gak Kena Tilang!
Cara setting Ganjil-Genap di Google Maps. Gambar: Antara Foto/Dok. Aprillio Akbar

BaperaNews - Aparat kepolisian resmi memberlakukan kembali ganjil genap di 25 ruas jalan di Jakarta untuk mengurangi kepadatan kendaraan pribadi yang terus meningkat.

Jadwal jalan ganjil genap Jakarta ini berlaku pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB serta pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB. Apabila saat jam ganjil genap, ada kendaraan yang melintas tidak sesuai jadwal bakal kena sanksi sanksi sebesar Rp 500.000. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan aturan tersebut karena Aplikasi Google Maps kini dapat memberikan informasi ganjil-genap Jakarta untuk memudahkan kamu saat berkendara di Jakarta dan tidak kena tilang.

Dengan mengetahui cara setting Ganjil Genap di Google Maps, kamu akan terhindar dari tilang. Yuk simak cara setting Ganjil Genap di Google Maps yang telah dirangkum Tim Bapera News!

Baca Juga : Ruas Jalan dan Jadwal Ganjil Genap di Jakarta Februari-Maret 2023

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps, jika belum download, kamu bisa download di Apps Store atau Play Store.
  2. Masukkan tempat tujuan dan pilih transportasi yang akan digunakan. Kamu bisa pilih mobil agar sistem Google Maps bisa mengarahkan ke rute yang tepat.
  3. Tambahkan informasi plat nomor atau nomor polisi kendaraan. Klik simbol titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih “Route Option”. Lalu, muncul tab kecil baru yang menampilkan pilihan berkendara plat nomor ganjil-genap. Kamu bisa pilih plat nomor ganjil atau genap.
  4. Pilih salah satu dari tiga pilihan rute jalan terbaik yang diberikan Google Maps. Nantinya setiap rute akan diberikan informasi waktu tempuh dan harga tol.
  5. Jika semua sudah disetting, kamu bisa pilih “Start” untuk berkendara dengan jalur yang sesuai dengan plat nomor ganjil genap kamu.

Bila sudah berhasil disetting, perjalanan kamu akan lebih menenangkan sebab Google Maps akan memberikan jalan sesuai dengan aturan Ganjil-Genap yang berlaku. Selain Ganjil-Genap yang perlu kamu perhatikan, jangan lupa menjaga keamanan selalu dalam berkendara ya!.

Baca Juga : Cara Bayar Tilang Elektronik ETLE Lewat Online dan Offline