Polisi Ungkap Penyebab Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Sentolo Kulon Progo

Kereta Argo Semeru anjlok dari relnya di Sentolo, Wates, Yogyakarta. Simak selengkapnya!

Polisi Ungkap Penyebab Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Sentolo Kulon Progo
Polisi Ungkap Penyebab Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Sentolo Kulon Progo. Gambar : Dok. BNPB

BaperaNews - Kereta anjlok terjadi pada Selasa (17/10) ketika Kereta Api (KA) Argo Semeru yang beroperasi dari Surabaya Gubeng menuju Gambir anjlok di Sentolo, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Anjloknya KA Argo Semeru ini pertama kali menjadi viral di media sosial melalui unggahan akun @merapi_uncover di X (dulu Twitter). Video tersebut menunjukkan kereta tersebut keluar dari relnya dan miring ke kanan serta kiri.

Tampak beberapa orang yang diduga penumpang kereta berada di sekitar lokasi, dan beberapa petugas pemadam kebakaran (damkar) Kulon Progoterjun ke lokasi kejadian.

Bukan hanya itu, KA Argo Wilis yang melintas di jalur lain juga mengalami kerusakan karena menyerempet kereta yang tengah anjlok. 

Salah satu penumpang Argo Semeru, Sugeng Wiyanto, menceritakan momen ketika kereta tersebut mengalami anjlok.

"Tiba-tiba, kami merasa getaran dan anjloknya gerbong, terutama yang ada di rangkaian kedua dan ketiga. Kami berada di rangkaian kedua," kata Sugeng Wiyanto kepada detikJogja di lokasi kejadian pada Selasa (17/10).

Baca Juga : IKN Akan Bangun MRT hingga Kereta Cepat Setelah Tahun 2024

Menurut Kapolres Kulon Progo, AKBP Nunuk Setiyowati, penyebab anjloknya KA Semeru adalah karena ada bantal batu yang tergerus di jalur kereta api.

Hal ini menyebabkan gerbong KA Semeru menjadi miring, sehingga saat kedua kereta ini bertemu, terjadi kecelakaan karena gerbongnya miring.

"Di jalur kereta api, bantal batu tergerus, kemudian mengakibatkan gerbong agak miring, sehingga ketika dua kereta ini bertemu ya agak miring, sehingga bersenggolan dan akhirnya terjadi beberapa gerbong anjlok," kata Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati, dikutip Antara, Selasa (17/10).

Sementara PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan keterangan resmi mengenai insiden ini melalui akun resmi mereka di X, @KAI121. KAI mengungkapkan bahwa jalur yang menjadi lokasi kereta anjlok masih belum dapat dilalui.

Akibat dari anjloknya KA Argo Semeru ini, operasional di jalur hulu dan hilir, KM 520+4 petak jalan Sentolo - Wates di Kab. Kulon Progo terganggu, yang akan berdampak pada keterlambatan kereta lain yang melewati jalur tersebut. 

@baperanews.com Kereta anjlok terjadi pada Selasa (17/10) ketika Kereta Api (KA) Argo Semeru yang beroperasi dari Surabaya Gubeng menuju Gambir anjlok di Sentolo, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. #keretaanjlok #viral #yogya #baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : KCIC Buka Suara Usai Atap Stasiun Kereta Cepat Halim Perdanakusuma Terbakar