Warga Malaysia Klaim Batik dari Negaranya, IShowSpeed: Ini Dari Indonesia!

IShowSpeed menerima batik saat berkunjung ke Malaysia, namun klaim bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia ternyata salah. Ia mengatakan bahwa batik berasal dari Indonesia.

Warga Malaysia Klaim Batik dari Negaranya, IShowSpeed: Ini Dari Indonesia!
Warga Malaysia Klaim Batik dari Negaranya, IShowSpeed: Ini Dari Indonesia!. Gambar : Tangkapan Layar Youtube/@iShowSpeed

BaperaNews - Pada Selasa (17/9), YouTuber terkenal asal Amerika Serikat, IShowSpeed, membuat gebrakan saat berkunjung ke Malaysia. Selama kunjungannya, sebuah momen menarik terjadi yang melibatkan pakaian tradisional batik. 

Seorang pria Malaysia memberikan batik kepada Speed dengan klaim bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia.

Dalam video yang disiarkan langsung di kanal YouTube-nya, IShowSpeed menerima hadiah berupa tujuh potong kemeja batik dari seorang penggemar Malaysia. Pria tersebut dengan percaya diri mengatakan bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia.

“Ini pakaian tradisional Malaysia, batik, kamu harus pakai,” ujarnya sambil menyerahkan kemeja batik kepada Speed.

Mendengar pernyataan ini, Speed merasa bingung karena subscriber-nya mulai memberitahukan bahwa batik sebenarnya berasal dari Indonesia.

Untuk memastikan kebenaran informasi ini, Speed bertanya kepada pengemudi mobilnya dan juga pengawalnya. Keduanya menyatakan bahwa batik adalah pakaian tradisional Malaysia.

Merasa tidak puas dengan jawaban yang didapatnya, Speed akhirnya memutuskan untuk mencari informasi melalui Google. Hasil pencariannya mengejutkan—batik ternyata berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Reza Arap Curhat Sempat Kena Cakar hingga Mobil Digebrak Saat Temani YouTuber iShowSpeed Keliling Jakarta

“Batik berasal dari Indonesia, di sini (Google) ditulis batik berasal dari Indonesia,” katanya sambil membaca informasi dari Google.

Speed menambahkan bahwa batik dikembangkan di pulau Jawa, Indonesia, yang menguatkan bahwa batik memang berasal dari Indonesia.

Batik bukan hanya sekadar motif kain, batik adalah bagian dari warisan budaya yang diakui secara internasional. Pada 2 Oktober 2009, batik ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Batik adalah teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya," tulis informasi dari Kemendikbud Ristek.

Pengakuan UNESCO menunjukkan betapa pentingnya batik dalam budaya Indonesia.

Baca Juga: Lucinta Luna Dilirik YouTouber IShowSpeed di Malaysia dan Disebut "Baddie"