Gempa Sebesar 5,3 M Guncang Sabang Aceh

Gempa bumi magnitudo 5,3 mengguncang Kota Sabang, Aceh pada Kamis, 19 September 2024. BMKG mengonfirmasi tidak ada tsunami.

Gempa Sebesar 5,3 M Guncang Sabang Aceh
Gempa Sebesar 5,3 M Guncang Sabang Aceh. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Pada Kamis, (19/9), gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,3 mengguncang Kota Sabang, Aceh.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pada pukul 12.21 WIB. Meski tidak menimbulkan tsunami, kejadian ini tetap menjadi perhatian karena dua gempa terjadi berturut-turut di Aceh hari itu.

Gempa pertama yang mengguncang Sabang terjadi di kedalaman 86 kilometer. Lokasi gempa berada pada koordinat 10,47 Lintang Utara (LU) dan 91,73 Bujur Timur (BT), sekitar 646 kilometer barat laut Kota Sabang.

Meski kedalamannya cukup signifikan, gempa ini dirasakan oleh beberapa penduduk setempat. BMKG menyampaikan bahwa data yang diberikan masih bersifat sementara dan mungkin berubah seiring pengolahan data lebih lanjut. 

“Gempa M 5,3 (646 km barat laut Kota Sabang, Aceh)," jelas BMKG melalui laman resminya, Kamis (19/9).

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 5 M Guncang Garut Jawa Barat, Terasa hingga Bandung

Meskipun kekuatan gempa cukup besar, BMKG mengonfirmasi bahwa tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Seperti biasa, pihak BMKG terus memperbarui informasi untuk memastikan masyarakat selalu mendapatkan berita terkini dan terakurat.

Sekitar 36 menit setelah gempa pertama, tepatnya pukul 12.57 WIB, gempa susulan dengan magnitudo 4,7 terjadi di Aceh. Berbeda dengan gempa pertama yang terjadi di laut, gempa kedua ini berpusat di daratan, tepatnya di koordinat 3,30 LU dan 93,33 BT, sekitar 29 kilometer barat daya Calang, Aceh Jaya. Kedalaman gempa susulan ini jauh lebih dangkal, hanya 10 kilometer.

BMKG kembali menegaskan bahwa kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Namun, badan tersebut juga mengingatkan bahwa informasi ini dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang masuk.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” ujar BMKG.

Sebagai wilayah yang berada di jalur Cincin Api Pasifik, Aceh memang kerap mengalami gempa bumi. Sabang dan wilayah Aceh lainnya terletak di lempeng tektonik aktif sehingga sering terjadi pergerakan tanah.

Baca Juga: Gempa 5,5 M Guncang Berau Kalimantan Timur