Jokowi Resmikan Tujuh Arena PON XX, Berikut Daftarnya

Jokowi kunjungan kerja ke Papua dengan meresmikan tujuh arena PON XX, Berikut daftar arena PON XX

Jokowi Resmikan Tujuh Arena PON XX, Berikut Daftarnya
Presiden Jokowi Resmikan Tujuh Arena PON XX Papua (Laily Rachef/Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

BaperaNews - Dalam serangkaian kunjungan kerja ke Papua, Presiden Jokowi ternyata juga meresmikan 7 arena olahraga disana sebelum digunakan untuk perlombaan kelas nasional PON XX. Berbagai arena kini telah siap untuk digunakan dalam bertanding setelah prasasti resmi ditandatangani Presiden Jokowi.

Beberapa arena yang telah diresmikan Presiden Jokowi antara lain :

Istora Papua Bangkit

Pembangunan Istora Papua Bangkit mulai dikerjakan pada bulan November 2018 dan rampung pada bulan September 2020 yang lokasinya berada di Kampung Harapan, Jayapura. Pengerjaannya kurang lebih memakan waktu 2 tahun lamanya. Kapasitas dari stadion olahraga terbesar di Papua itu sekitar 3.148 kursi tribun dengan total luas mencapai 7.740 meter persegi.

Desain dari Istora Papua Bangkit, ternyata berhasil mendapatkan 3 Rekor Muri. Rekor tersebut antara lain atap dengan baja lengkung bentang terpanjang,  atap dome paling luas yang dibuat tanpa baut, dan rancangan textile duct ring terpanjang.

Arena Akuatik

Arena Akuatik yang memiliki kapasitas kursi tribun sebanyak 1500 dengan luas mencapai 17.783 meter dibangun di Kampung Harapan, Jayapura. Arena Akuatik ini, telah mengantongi sertifikat dari FINA.

Arena Panahan

Arena Panahan memiliki total luas arena yang digunakan untuk kompetisi 10.000 meter persegi dari total keseluruhan yang mencapai 33.600 meter persegi. Arena Panahan berlokasi di Kampung Harapan, Jayapura.

Arena Kriket

Arena Kriket memiliki kapasitas penonton 1.657 dengan luas mencapai 2.669 meter persegi. Arena Kriket berlokasi di Doyo Baru, Jayapura. Pengerjaannya membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun.

Arena Hoki (In Door dan Out Door)

Arena Hoki memiliki luas secara keseluruhan mencapai 9.553 meter persegi yang dibagi menjadi 2 bagian yakni indoor 7.425 meter persegi dan out door 2128 meter persegi. Dengan kapasitas penonton masing – masing di indoor 1.900 dan outdoor 1.250. Dibangun di Doyo Daru, Jayapura.

Arena Sepatu Roda

Arena Sepatu Roda dibangun dalam waktu kurang lebih 1 tahunan yakni mulai bulan Februari 2020 hingga bulan Juli 2021. Untuk arena kompetisinya mencapai 5.320 meter persegi dari total luasnya 19.800 meter persegi.

Arena Dayung

Arena Dayung cukup mengundang kontroversi. Pasalnya area ini merupakan area reklamasi yang mana mempunyai total luas 19.771 meter persegi. Arena Dayung dibangun di kawasan Teluk Youtefa, Jayapura dengan waktu pengerjaan mulai dari bulan Februari 2020 hingga Agustus 2021.