Wanita Idap Bronkitis Gegara Asap Rokok Pacar

Viral di media sosial, seorang wanita menceritakan pengalamannya mengidap bronkitis karena sering terpapar asap rokok dari pasangannya.

Wanita Idap Bronkitis Gegara Asap Rokok Pacar
Wanita Idap Bronkitis Gegara Asap Rokok Pacar. Gambar : Tangkapan Layar TikTok/@karinaslina

BaperaNews - Viral curhatan wanita di media sosial TikTok tentang penyakit bronchitis. Akun @karinaasliana menceritakan penyakit yang ia alami terjadi karena ia pacaran dengan perokok.

Ia mulai berpacaran dengan kekasihnya di tahun 2020 dengan hubungan jarak jauh dan jarang bertemu. Sejak tahun 2021, keduanya lebih sering bertemu langsung, banyak bicara dan bepergian bersama. Kekasihnya juga sering merokok di sampingnya.

“Sebelumnya kita pacaran virtual, paru-paru gue bersih. Sejak Dia datang, aku jadi sering hirup asap rokoknya, dia selalu merokok di sampingku, resiko pacaran dengan perokok” cerita wanita idap bronkitis bernama asli Karina Septiliana tersebut pada hari Senin (19/6).

Sejak itulah, ia merasa sering sesak nafas karena telah pacaran dengan perokok. Hingga beberapa waktu terakhir, ia baru tahu ia mengidap bronkitis. Ia bahkan sempat dirawat di rumah sakit karena GERD kemudian diperbolehkan pulang setelah kondisinya membaik.

Setelahnya, ia kembali ke rumah sakit karena sering sesak nafas. Melihat kondisinya, dokter curiga Karina punya penyakit pernapasan. 

Baca Juga : Pemuda di Palembang Pukuli Pacar Gegara Masih Chat Mantan

“Selanjutnya aku diperiksa dengan keluhan sesak nafas. Saat aku diperiksa, dokternya curiga kalau aku punya penyakit pernapasan. Aku ga percaya, karena aku ga pernah batuk. Jadi aku pikir dokternya yang salah diagnosis, aku merasa sesak nafasku ini cuma karena asam lambung (bukan sakit bronchitis)” lanjutnya.

Agar diketahui lebih jelas, dokter meminta Karina melakukan tes. Hasilnya Karina positif bronchitis. Karina telah diopname karena bronchitis selama 5 kali, sejak 2022 hingga 2023 ini. Karina di tes rontgen dan baru diketahui dirinya mengidap bronkitis.

“Aku merasakan gejala bronchitis seperti batuk berdahak, sesak nafas, rasanya ada yang menyumbat di dada. Rasanya penuh sesuatu, nafasku jadi pendek” pungkas Karina.

Hingga ia mengunggah cerita wanita idap bronkitis ini, ia masih menjalani perawatan jalan rutin di rumah sakit, masih harus minum obat dan cek kondisi sampai kondisinya membaik. Pengalaman yang ia sampaikan berharap bisa jadi gambaran untuk anak muda lain agar lebih baik dalam memilih pasangan, yang tentunya bisa membawa kebaikan tidak hanya dalam hubungan namun juga dari sisi gaya hidup dan kesehatan.

Faktanya, perokok pasif beresiko lebih berat dibanding perokok aktif seperti halnya cerita wanita idap bronkitis yang dialami oleh Karina. Sebagaimana yang terjadi pada Karina, akibat asap rokok, seseorang bisa terkena beragam penyakit seperti flu batuk, memperparah asma, bronchitis, hingga kerusakan paru-paru.

Pastikan Anda punya pasangan yang peduli pada kesehatan bersama ya!

Baca Juga : Viral Bayi 11 Bulan Kena Bronkitis, Diduga Terpapar Ayah Yang Perokok