Berikut daftar Stasiun Yang Perlukan NIK Selama Pembelian Tiket

NIK jadi syarat penumpang kereta api di sebagian Stasiun, Berikut daftar stasiun yang memerlukan NIK sebagai syarat pembelian

Berikut daftar Stasiun Yang Perlukan NIK Selama Pembelian Tiket
beli tiket kereta di stasiun gambir hingga karawang wajib pakai NIK, Gambar : Foto: Amir Baihaqi/detik.com

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Mulai memberlakukan kebijakan baru kepada para penumpang kereta api untuk menggunakan NIK selama pembelian tiket kereta api.

Persyaratan baru ini hanya berlaku di beberapa titik keberangkatan saja seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek dan juga Stasiun Karawang. Bagi kalian yang ingin bepergian dengan keberangkatan di titik stasiun tersebut, siapkan saja e - KTP untuk membeli tiketnya. Pemberlakuan ini resmi dilakukan per tanggal 26 Oktober 2021.

Menurut keterangan dari Eva Chairunisa (Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta), ketentuan yang diberlakukan mulai hari ini berlaku untuk penumpang kategori anak – anak dan dewasa saja. Untuk warga asing yang ingin menggunakan layanan transportasi masal ini, wajib menggunakan nomor identitas yang ada di paspor.

“Kami mengingatkan kembali bagi masyarakat yang hendak menggunakan layanan jasa transportasi massal kereta api dari DAOP 1 Jakarta tersebut, agar mempersiapkan nomor NIK nya terlebih dahulu sebelum membeli tiket keberangkatan. Jangan sampai sudah jauh – jauh malah tak membawa e – KTP dan perjalanan pun menjadi terkendala,” kata Eva Chairunisa (Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta).

Kemudian yang perlu menjadi perhatian bagi para penumpang yang sudah terdaftar di membership KAI namun saat proses pendaftaran dulu belum menggunakan NIK, diharapkan untuk segera mengupdate NIK nya agar lebih mudah menggunakan layanan KAI.

Untuk proses update NIKnya pun sangat mudah, kalian bisa mendatangi beberapa loket tiket yang ada di stasiun – stasiun DAOP 1 Jakarta. Buat kalian yang tak punya waktu pun bisa mengupdate data melalui KAI Call Center di nomor WA  08111 2111 121.

“Titik update yang bisa kalian datangi antara lain Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek dan juga Stasiun Karawang,” ujar Eva Chairunisa (Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta).

Pendataan penumpang menggunakan NIK ini nantinya akan digunakan untuk mendeteksi update vaksinasi para calon penumpang. Dimana sistem yang digunakan KAI kini telah terintegrasi dengan sistem Peduli Lindungi. Jadi proses verifikasi boarding pun akan menjadi lebih mudah dan cepat.