Viral! Guru Curhat di TikTok Ungkap Anak SMP Banyak yang Gak Bisa Baca

Guru curhat di TikTok yang memperlihatkan banyak siswa SMP yang tidak bisa membaca. Simak Selengkapnya di sini!

Viral! Guru Curhat di TikTok Ungkap Anak SMP Banyak yang Gak Bisa Baca
Viral! Guru Curhat di TikTok Ungkap Anak SMP Banyak yang Gak Bisa Baca. Gambar : Instagram/@undercover.id

BaperaNews - Baru-baru ini, video yang memperlihatkan banyak siswa SMP yang tidak bisa membaca viral di media sosial, khususnya TikTok. Video ini pertama kali diunggah oleh pengguna TikTok dengan akun @sarah_2293, dan telah menyedot perhatian luas. 

Dalam unggahannya, Sarah mengungkapkan keprihatinannya mengenai kondisi pendidikan Indonesia saat ini, terutama di kalangan siswa SMP.

Kejadian ini menjadi tamparan keras bagi masyarakat dan pihak terkait, mengingat betapa krusialnya kemampuan dasar seperti membaca bagi seorang siswa SMP. 

Dalam video yang kini telah dihapus dari akun Sarah, dia menunjukkan siswa-siswi SMP yang tidak bisa membaca dan menulis huruf. 

Sarah menyatakan bahwa fenomena ini semakin menambah beban tugas guru untuk mengajar di luar jam pelajaran reguler.

"Indonesia sedang tidak baik-baik saja, anak SMP banyak yang nggak bisa baca dan nggak tahu huruf," tulis Sarah dalam unggahannya yang dilansir dari Instagram @undercover.id. Sarah juga menambahkan, "Akhirnya guru SMP mendapat tugas tambahan di luar jam ngajar harus ngajar siswa/i membaca."

Sarah juga mengimbau para orang tua untuk lebih memperhatikan dan membimbing anak-anak mereka dalam belajar. 

"Tolong dong orang tua siswa harus peka sama anak sendiri, pelajaran SMP itu udah lumayan tinggi masa harus ngajarin anaknya dari huruf A-Z lagi," ungkapnya.

Tak hanya kepada orang tua, Sarah juga menyampaikan pesan kepada guru SD agar lebih fokus dalam mengajarkan kemampuan dasar membaca kepada murid-murid mereka.

"Guru-guru SD juga tolong dong ajarkan mereka huruf, kok bisa tamat SD tidak tahu huruf dan tidak bisa membaca," katanya dengan nada heran.

Baca Juga : Pensiunan Guru TK di Jambi Didesak Balikin Gaji Rp75 Juta

Keprihatinan Sarah semakin mendalam karena jumlah siswa SMP yang tidak bisa membaca mencapai puluhan. 

"Kalau 1-2 siswa mungkin maklum, lah ini 30-an siswa nggak bisa baca," ungkapnya dengan nada prihatin.

Di akhir unggahannya, Sarah memberikan semangat kepada para guru SMP yang terus berjuang membimbing siswa-siswi mereka untuk bisa membaca. 

"Semangat para guru SMP yang berjuang keras tiap hari ngajari anak-anak membaca di aula semoga mendapatkan pahala berlipat-lipat, aamiin," tulisnya.

Curhatan Sarah ini langsung menjadi sorotan dan memicu berbagai reaksi dari netizen. Banyak yang mempertanyakan bagaimana siswa-siswa tersebut bisa lulus dari SD tanpa kemampuan membaca. 

"Kok bisa lulus SD?" tanya seorang pengguna Instagram dengan akun anton_dwi_harta***.

Komentar lain datang dari algraph*** yang menyatakan, "Jangan paksa anak, kita harus dukung sesuai minat dan bakatnya. Kalau SD nggak bisa baca, bisa dilanjut di SMP. Ini sudah memakai sistem fase. Atau mungkin si anak memang nggak suka baca, suka main bola. Harus difasilitasi. Siapa tahu jadi pemain timnas. Diferensiasi dong…"

Sementara itu, pengguna lain dengan akun tikn*** menambahkan, "Salah satu efek semua siswa harus 'naik kelas'..."

@baperanews.com

Baru-baru ini, video yang memperlihatkan banyak siswa SMP yang tidak bisa membaca viral di media sosial, khususnya TikTok. Video ini pertama kali diunggah oleh pengguna TikTok dengan akun sarah_2293, dan telah menyedot perhatian luas. Dalam unggahannya, Sarah mengungkapkan keprihatinannya mengenai kondisi pendidikan Indonesia saat ini, terutama di kalangan siswa SMP. Kejadian ini menjadi tamparan keras bagi masyarakat dan pihak terkait, mengingat betapa krusialnya kemampuan dasar seperti membaca bagi seorang siswa SMP. ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Siswi SD Curhat hingga Nangis ke Guru Kangen Diantar Ibunya yang Meninggal