Viral Warganet Bagikan Tips Isi BBM, Hindari Setingan Curang SPBU

Viral di media sosial seorang warganet membagikan tips isi BBM agar tidak merugi di SPBU Pertamina. Ia membagikan trik agar terhindar dari oknum SPBU curang, Berikut tips nya!

Viral Warganet Bagikan Tips Isi BBM, Hindari Setingan Curang SPBU
Viral di media sosial seorang warganet membagikan tips isi BBM agar tidak merugi di SPBU Pertamina. Berikut tips nya! Gambar : Antara Foto/Dok. Oky Lukmansyah

BaperaNews - Seorang warganet @mihrabku membagikan tips isi BBM di SPBU Pertamina di Twitter hingga viral. Cuitan tersebut telah dicuitkan ulang oleh warganet lain hingga 10.700 kali. Tips tersebut berisi cara mengisi bahan bakar di SPBU agar tak merugi, ia mengklaim tips isi BBM tersebut didapat langsung dari pihak SPBU Pertamina, ia bilang, pengguna kendaraan harus memakai nilai rupiah ganjil.

“Ada tips dari orang SPBU Pertamina, kalau beli BBM nilai rupiahnya harus ganjil, contohnya Rp 155.500 atau Rp 77.000, jangan Rp 100.000. setingan SPBU Pertamina itu angka genap, katanya, hampir sebagian SPBU Pertamina curang” ujarnya Selasa (6/9).

Menurutnya, pihak SPBU berpotensi melakukan kecurangan yang merugikan konsumen jika membeli bahan bakar dengan nilai rupiah genap, namun ia tidak mengurai bagaimana kecurangan bisa dilakukan. Cuitan tersebut kemudian ramai respon dari warganet lainnya, sebagian besar menyebut kecurangan SPBU Pertamina sudah jadi rahasia umum.

“Eh sumpah ya ayah saya juga udah lama nerapin cara ini, karena orang pomnya langsung yang pernah kasih tau, jadi saya atau ayah udah ga pernah isi BBM di kelipatan genap kaya 10/20/50/100, pasti 13/21/55/103 wkk” komentar @hyuniggoneee.

Baca Juga : Harga BBM Naik, Tarif Angkutan Umum Kelas Ekonomi Bakal Dirubah Kemenhub

“Sudah jadi rahasia umum, setiap SPBU itu ga ada yang murni 1 liter, selain main volume minyak, petugas lapangannya juga kalau kita isi BBM, bayangin dalam sehari ada berapa motor atau mobil yang ngisi dalam 24 jam hampir di seluruh wilayah kayak gini” timpal @aleexismyname.

Penjelasan Pertamina

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting sebelumnya pernah membahas trik ini, menurutnya, informasi ini tidak benar, jumlah BBM yang dibeli di SPBU Pertamina ialah sesuai dengan yang dikeluarkan nominal, tidak berhubungan dengan pembelian dengan angka ganjil maupun genap.

“Hal itu tidak benar, kuantitas yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal yang tercantum” ujarnya Jumat (17/6) lalu. Ia juga mengklaim, setiap alat ukur sudah sesuai dengan ketentuan. “Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas dan kuantitas” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia meminta masyarakat untuk menyampaikan melalui call center 135 jika memang ada saran, masukan, atau hal lain yang ingin ditanyakan terkait isi BBM di SPBU Pertamina.

Baca Juga : Kendaraan 1400 CC Akan Dilarang Isi BBM Subsidi Pertalite