Viral Video Emak-emak Naik Motor Sambil Berdiri di Pati, Nyaris Keserempet Truk

Video viral memperlihatkan emak-emak di Pati mengendarai motor sambil berdiri dan hampir terserempet truk.

Viral Video Emak-emak Naik Motor Sambil Berdiri di Pati, Nyaris Keserempet Truk
Viral Video Emak-emak Naik Motor Sambil Berdiri di Pati, Nyaris Keserempet Truk. Gambar : Tangkapan Layar Instagram/@fakta.jakarta

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang emak-emak di Pati, Jawa Tengah, mengendarai motor sambil berdiri dan hampir terserempet truk. Insiden ini terjadi di Alun-Alun Juwana pada Minggu (7/7).

Emak-emak naik motor tersebut diketahui bernama Tinuk, warga Kecamatan Juwana, yang dikenal sering melakukan aksi berbahaya saat kondisi penyakit kejiwaannya kambuh.

Tinuk terlihat berdiri di atas motor matiknya tanpa mengenakan helm dan melaju dengan kecepatan tinggi. Aksi freestyle-nya ini membuat warga yang menyaksikan kejadian tersebut histeris karena sangat membahayakan pengendara lain.

Tinuk bahkan nyaris ditabrak truk saat menikung tanpa memperlambat laju motornya atau menoleh ke kanan dan kiri.

Kapolsek Juwana, AKP Ali Mahmudi, menjelaskan bahwa Tinuk merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) kambuhan.

“T sering kami amankan, terutama saat ada keluhan dari masyarakat bahwa dia mengganggu ketertiban di jalan Pantura,” ujar Ali pada Selasa (9/7).

Tinuk sering dibawa ke kantor polisi dan diserahkan kembali kepada keluarganya setelah aksinya.

Menurut Ali, Tinuk sering melakukan aksi berbahaya ini saat penyakitnya kambuh. Selain mengendarai motor milik sendiri, Tinuk juga kadang meminjam motor milik tetangga atau keluarganya.

Baca Juga: Viral! Dua Pemuda Mabuk Hadang Bus dan Lempar Batu, Berakhir Babak Belur Dihajar Warga

"Kadang dia menabraki orang atau mengambil motor milik tetangga tanpa izin. Sekarang Tinuk sudah diamankan dan diserahkan kepada keluarganya," tambah Ali.

Video yang diambil oleh seorang warga dan diunggah ke media sosial memperlihatkan emak-emak mengenakan busana serba hijau saat melakukan aksinya.

Tanpa mengurangi kecepatan, ia keluar dari tikungan dan hampir saja ditabrak truk yang melintas dari arah berlawanan. Aksi ini tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya.

Kejadian ini menarik perhatian publik dan menjadi viral di media sosial. Banyak warganet yang mengecam aksi Tinuk karena dianggap sangat berbahaya.

Namun, ada juga yang merasa prihatin dan berharap Tinuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

“Kasihan sekali, semoga mendapat perawatan yang baik dan tidak membahayakan orang lain lagi," tulis akun @Nana***.

Tinuk bukan pertama kali melakukan aksi berbahaya ini. Kapolsek Juwana mengungkapkan bahwa Tinuk sudah beberapa kali diamankan karena ulahnya yang mengendarai motor secara ugal-ugalan.

"Sejak dulu sering kita amankan apalagi kalau ada keluhan masyarakat bahwa Tinuk kambuh mengganggu ketertiban terutama di jalan Pantura ya kita amankan,” kata Ali.

Baca Juga: Viral! ODGJ Diduga Mutilasi ODGJ di Pinggir Jalan Garut, Tubuh Korban Bececeran