Viral Seorang Kakek Simpan Uang di Kamar Selama Puluhan Tahun, Tembus Rp 100 Juta

Viral tabungan uang Rp 100 juta lebih milik seorang kakek bernama Sarneli (74) asal Serang, Banten.

Viral Seorang Kakek Simpan Uang di Kamar Selama Puluhan Tahun, Tembus Rp 100 Juta
Viral Seorang Kakek Simpan Uang di Kamar Selama Puluhan Tahun, Tembus Rp 100 Juta. Gambar : Tangkapan Layar Twitter/@Midjan_La_2

BaperaNews - Viral tabungan uang Rp 100 juta lebih milik seorang kakek bernama Sarneli (74) asal Serang, Banten. Sarneli menabung uang tunai bertahun-tahun yang kini jumlahnya mencapai Rp 100 juta lebih, diantara uang tabungannya ditemukan uang lama era 1990an.

Sarneli mengumpulkan uang tersebut dari usahanya ternak bebek, tidak pernah meminta-minta atau mengemis. Selain usaha, Sarneli juga mendapat bantuan tunai langsung dari pemerintah yang kemudian ia tabungkan.

“Dapet BLT, dia dikasih uang ga buat jajan, uangnya ditaruh gitu aja, tadinya juga angon bebek, ga pernah minta-minta” tutur Ola Sahla, keponakan Sarneli hari Rabu (25/4).

Uang milik Sarneli itu dikumpulkan selama puluhan tahun di plastik dan ember. Tetangga kakek simpan uang di kamar maupun saudara Sarneli tidak ada yang tahu Sarneli menyimpan uang sebanyak itu. Sayangnya kondisi uang tabungan Sarneli banyak yang rusak karena terlalu lama disimpan.

“Dibongkar pagi jumlahnya Rp 104 juta, uang yang sudah rusak Rp 10 juta lebih” imbuhnya. 

Baca Juga : Uang Rp 50 Ribu dan Rp 100 Ribu Emisi Baru Boleh Disetor Via ATM

Berawal dari Sakit

Awal mula saudara Sarneli mengetahui uang tabungan Sarneli ialah ketika Sarneli terbaring sakit, keluarga bertanya Sarneli punya simpanan uang atau tidak karena telah 2 bulan lamanya sakit dan belum bisa bekerja lagi.

Sarneli kemudian menunjukkan uang simpanannya yang berada di ember dan plastik, disimpan di bawah kasur.

“Saudaranya pada ga ada, tinggal ponakannya, sudah dua bulan ga kerja, sakit di kakinya, kalau jalan harus digotong” terang Ola.

Sarneli kakek simpan uang di kamar selama ini hidup sendiri di Kelurahan Karundang, Cipocok Jaya, Serang. Uang yang dimiliki Sarneli berupa pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.00, uang tertua tahun 1997.

Uang kertas tersebut diikat dengan karet kemudian dibungkus plastik. Sedangkan uang logam disimpan di kaleng bekas. Keluarga dan tetangga Sarneli tidak ada yang menyangka Sarneli bisa menyimpan uang cash sebanyak itu dalam kondisi pintu rumah yang tak pernah dikunci.

Sarneli dibantu membersihkan rumahnya yang berantakan lantaran sudah 2 bulan Sarneli tidak bisa beraktivitas dengan lancar, uang Sarneli diamankan oleh keluarganya dan uang yang rusak telah ditukarkan ke Bank. Semoga uang tabungan yang dikumpulkan Sarneli seorang kakek simpan uang di kamar bisa dipakai untuk berobat sakitnya atau kepentingan bermanfaat lainnya ya.

Baca Juga : Siswa SMK di Cianjur Bunuh Pacar, Mayat Dibuang ke Selokan