Viral Foto Pemuda Bercumbu di Malioboro

Foto muda-mudi berciuman di Titik Nol Kilometer Malioboro, Yogyakarta, menjadi viral di media sosial

Viral Foto Pemuda Bercumbu di Malioboro
Viral Foto Pemuda Bercumbu di Malioboro. Gambar : Dok.dishub.kulonprogokab

BaperaNews - Setelah heboh video mesum pasangan muda-mudi di pedestrian Jalan Malioboro, Yogyakarta, kini muncul aksi serupa.

Beredar foto muda-mudi berciuman di Titik Nol Kilometer Malioboro dan viral, nampak kondisi jalan di sekitarnya ramai ketika keduanya berciuman, foto diambil di malam hari, tidak diketahui kapan atau siapa identitas di dalamnya.

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta, Ekwanto menyebut peristiwa pemuda bercumbu di Malioboro terjadi pada Sabtu malam (24/6). Petugas juga sedang mencari identitas muda-mudi yang ada di foto.

“Dicari tidak ketemu, jadi artinya sudah hilang, orang yang lakukan itu sudah tidak ada di lokasi kejadian” kata Ekwanto pada Senin (26/6).

Ekwanto menegur masyarakat jika menemukan hal tidak senonoh seperti yang beredar di foto untuk segera menegur pelakunya dan tidak perlu segan, sebab hal ini berhubungan dengan etika norma dan sosial, agar tidak jadi contoh bagi muda-mudi lainnya dan agar pelaku mengerti apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat umum. 

Baca Juga : Viral! Suami Digrebek Selingkuh saat Istri Pergi Haji

Sementara Sekda DIY Beny Suharsono menyebut Pemda akan beri lebih banyak penerangan di lokasi agar tidak ada lagi aksi serupa pemuda bercumbu di Malioboro. Namun nyatanya meski sudah ada penerangan, masih ada yang melakukannya bahkan ketika di lokasi kejadian telah diberi kamera pengawas atau CCTV.

“Saya contohkan, ada kamera tidak mujarab, masih ditongkrongi, ada CCTV tidak mujarab juga, mereka lebih lihai” tutur Beny.

Menurut Beny, perlu cara lain agar hal pemuda bercumbu di Malioboro ini tidak terjadi lagi, agar tidak seenaknya muda-mudi berbuat tidak senonoh.

“Sepanjang Malioboro harus benar diurai, sudah panjang sejarah kita mengurainya, ada saja PR silih berganti. Tapi kita tidak boleh menyerah. Yang jelas teknologi bisa dipakai, ditambah penerangan, juga memecah konsentrasi kerumunan, agar orang tidak berkerumun massif di satu tempat saja. Memang sulit untuk mengontrol, sudah dipantengin saja masih ada yang kecolongan seperti viral foto pemuda bercumbu” pungkas Beny.

Ditanya soal kemungkinan hukuman denda viral foto pemuda bercumbu, Beny menyebut hal itu sulit diterapkan, karena pelaku viral foto pemuda bercumbu susah dicari. Malioboro adalah tempat wisata, tidak semua yang datang kesana warga Yogya.

Banyak pelancong datang dan jika berbuat asusila sulit untuk diketahui dimana lokasinya karena wisatawan biasanya hanya beberapa jam saja berada di Malioboro, biasanya mereka akan beralih ke tempat wisata lainnya atau pulang kembali ke daerahnya.

Baca Juga : Viral! Pegawai Honorer Cabuli Anak Tiri