Video Viral, Protes One Way, Warga Blokir Tol Cipularang

Video viral di media sosial memperlihatkan aksi protes warga terhadap kebijakan one way yang membuat arus lalu lintas di Tol Cipularang menuju Jakarta macet parah!

Video Viral, Protes One Way, Warga Blokir Tol Cipularang
Kondisi Tol Cipularang. Gambar: BeritaSatu Photo/Dok. Elan Suherlan

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan aksi protes warga terhadap kebijakan one way yang membuat arus lalu lintas di Tol Cipularang menuju Jakarta macet parah, warga yang protes karena terjebak kemacetan tersebut memblokir akses Tol Cipularang yakni arah Jakarta ke Bandung, aksi tersebut awalnya diunggah oleh akun Twitter @demira***.

Ia menginformasikan bahwa kendaraan di wilayah Tol Cipularang menuju Jakarta macet total dan tak bergerak pada hari Jumat 29 April 2022 pagi hari dimana pada hari itu memang pemudik sudah banyak yang berangkat menuju kota tujuan mudiknya masing-masing sehingga terjadi penumpukan kendaraan.

“Cipularang macet total sejak jam 1 pagi dini hari, enggak gerak ke arah Jakarta, akhirnya warga pada protes sampai nutup jalan yang ke arah Bandung” tulis akun tersebut.

Merespon hal tersebut, Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi pun menjelaskan bahwa masalah tersebut saat ini sudah terselesaikan, polisi sudah membuka ruas atau jalur tol dan akhirnya masyarakat bisa kembali melintas, “sudah jalan, akses tolnya” ujarnya di hari yang sama.

Sebelumnya polisi memang menerapkan skema one way untuk pengaturan arus mudik dimulai dari KM 47 Tol Jakarta Cikampek sampai ke Gerbang Tol Kalikangkung di KM 414, penerapan ini menurut Perwira Tinggi Polri agar bisa membantu kepentingan warga yang mudik yang jumlahnya mencapai puluhan juta.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia Di Perempatfinal Badminton Asia Championship 2022

Masyarakat yang terdampak dengan kebijakan tersebut diminta untuk bersabar, “Kami bukannya mau sakitin siapa-siapa, kalau kami tidak mengatur akan lebih marah lagi mereka, tidak teratur dan macet, sekarang sabar, dan gantian, ini jadi kuncinya” imbuhnya.

Skema one way yang saat ini diterapkan, lanjut Firman, bukan hanya warga di Tol Cipularang saja yang terdampak, namun juga semua rol jalan tol yang terhubung juga akan sesak dengan kendaraan atau macet. “Nah kalau tidak dilakukan justru penumpukan terjadi di Jakarta, Cikampek, sampai Banten justru akan mengular jadi satu” jelasnya.

One way sendiri ialah mengubah jalur yang awalnya dua arah menjadi satu arah, diterapkan untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga bisa dilewati lebih banyak kendaraan sehingga mencegah kemacetan, misalnya yang dilakukan di Tol Cipularang tersebut, tentunya kendaraan yang dari arah ditutup memang perlu bersabar dulu atau lewat jalur arteri dan jalur lainnya.

Baca Juga: Cabut Dari Persija, Marko Simic Mengaku Tak Digaji Setahun