Universitas Indonesia Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Dunia

Universitas Indonesia masuk 20 besar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023.

Universitas Indonesia Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Dunia
Universitas Indonesia masuk 20 besar universitas terbaik di dunia. Gambar : Instagram.com/@univ_indonesia

BaperaNews - Universitas Indonesia masuk 20 besar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023.

Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro menyebut UI ialah perguruan tinggi yang membawa nama bangsa, sivitas akademika UI mampu menerapkan 17 agenda pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) berskala global.

Tidak hanya UI masuk 20 besar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023, Universitas Indonesia juga masuk 5 besar universitas yang mengikuti perankingan berdasarkan SDGs dimana dari total 1.591 universitas di seluruh dunia, UI berhasil masuk 5 besarnya. UI mampu memenuhi 4 standar penilaiannya yakni penelitian, penatalayanan, penjangkauan, dan pengajaran.

“Pencapaian di Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023 ini ialah bukti nyata dari kiprah dan kontribusi UI untuk mewujudkan masyarakat dan lingkungan sejahtera di tingkat global” tutur Prof. Ari Kuncoro.

Pencapaian UI masuk 20 besar universitas terbaik di dunia ini menurut Prof. Ari Kuncoro bisa didapat karena kontribusi UI di berbagai bidang selama ini. Misalnya di bidang penelitian, UI mampu mengkaji topic penelitian yang relevan dengan kebutuhan para masyarakat dan sesuai cita-cita SDGs.

Baca Juga : UI Buka Kuota 10.159 Mahasiswa Baru di 2023, Ini Daya Tampung dan Jadwal Seleksinya

Riset tersebut kemudian didorong agar berdampak luas, UI juga bekerjasama dengan mitra lokal, nasional, regional, dan internasional agar jangkauan pemanfaatan produk inovasi yang dihasilkan bisa makin luas dan bermanfaat untuk orang banyak.

Poin lain yang jadi kelebihan Universitas Indonesia ialah di bidang penatalayanan dimana UI memastikan kualitas sumber daya di dalamnya baik itu fisik seperti staf, mahasiswa, dosen hingga dari segi fakultasnya untuk memberi pengajaran terbaik bagi semua mahasiswa agar bisa memastikan semua mahasiswa dan alumni menerapkan SDGs pada pekerjaannya.

Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi UI Vishnu Juwono menambahkan, tidak sekali ini saja UI mendapat penghargaan bergengsi, sebelumnya UI juga telah meraih posisi 20 besar perguruan tinggi terbaik dunia dari Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023 selama dua kali berturut-turut.

“Prestasi ini diraih karena kerja keras dan kekompakan dari semua sivitas akademika UI untuk mewujudkan agenda SDGs, semoga kedepannya kita bisa berkontribusi lebih besar dan prestasi bisa terus meningkat” pungkas Vishnu Juwono.

Semoga lulusan Universitas Indonesia bisa lebih banyak memanfaatkan ilmunya untuk kemajuan bangsa ya.

Baca Juga : Universitas Indonesia Hapus S1 Paralel di SIMAK UI