Wisatawan Yang Hilang Di Kawasan Bromo, Akhirnya Ditemukan Dalam Keadaan Selamat

Wisatawan asal Malang bernama Roni Nur Effendi yang sempat dikabarkan hilang di kawasan Gunung Bromo, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Wisatawan Yang Hilang Di Kawasan Bromo, Akhirnya Ditemukan Dalam Keadaan Selamat
Wisatawan asal Malang bernama Roni Nur Effendi yang sempat dikabarkan hilang di kawasan Gunung Bromo, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat. Gambar : Dok. Polsek Tosari

BaperaNews - Wisatawan asal Malang bernama Roni Nur Effendi (20) yang sempat dikabarkan hilang di kawasan Gunung Bromo, akhirnya ditemukan. Roni ditemukan oleh tim sar gabungan dalam keadaan selamat.

"Iya ditemukan keadaan selamat," kata Kepala Resort TNBTS Bukit Penanjakan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Susion, Selasa (21/6/2022).

Susion menyampaikan bahwa Roni ditemukan oleh timnya sekitar pukul 12.00 WIB.

“Baru saja ditemukan. Saat ini sedang dalam proses evakuasi,” ujar Susion.

Susion mengatakan Roni ditemukan oleh tim sar gabungan sedang terduduk lemas di pinggir tebing, karena sedang mengalami dehidrasi.

“Korban ditemukan sedang terduduk lemas di pinggir tebing, karena dehidrasi,” ungkap Susion.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Iriawan menyebut, Roni ditemukan pada jarak kurang lebih 200 meter dari tempat awal dilaporkan hilang, dengan kemiringan 65 derajat.

Baca Juga : Viral! Pengemis Toyor Kepala Perempuan Yang Tak Beri Uang, Satpol PP Bertindak

"Roni ditemukan dari hasil operasi pencarian dan penyisiran tim SAR di area tempat awal dilaporkan hilangnya Roni," ujarnya.

Kini, tim operasi pencarian dan pertolongan terhadap Roni, yang berjumlah sekitar 80 personel gabungan, telah ditutup.

"Personel gabungan ini terdiri dari unsur BPBD Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Polsek Tosari, Kabupaten Pasuruan, SAR Kanjuruhan, SAR TSA, dan unsur lainnya," pungkas Sadono.

Diketahui sebelumnya, Roni Nur Efendi merupakan pemuda asal Desa Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur yang hilang di kawasan Gunung Bromo, pada Minggu (19/6/2022). Roni dilaporkan hilang setelah meninggalkan rombongannya di lautan pasir, Minggu pukul 09.00 WIB.

Roni berangkat ke Bromo bersama dengan 7 teman lainnya lewat jalur Tutur, Sabtu (18/6). Rombongan ini juga sempat ke Puncak Penanjakan dan masuk ke kawasan Pasir Bromo. Setelah itu, Roni pamit kepada keenam temannya untuk pulang lebih dulu melalui jalur Tumpang, Malang.

Namun, ketika teman-temannya sudah pulang, mereka terkejut ternyata Roni belum sampai ke rumahnya. Beberapa waktu kemudian, pada pukul 12.38 WIB, petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) justru menemukan sepeda motor jenis Suzuki Satria Fu berwarna hitam bernopol N 5851 ECZ yang diduga milik Roni, di kawasan Bukit Emprit, lengkap dengan helm, hoodie, dan ponsel.