UM Surabaya Buka Beasiswa Kuliah Gratis Untuk Difabel, Cek Syaratnya!

Universitas Muhammadiyah Surabaya membuka beasiswa kuliah gratis untuk difabel. Simak selengkapnya!

UM Surabaya Buka Beasiswa Kuliah Gratis Untuk Difabel, Cek Syaratnya!
UM Surabaya Buka Beasiswa Kuliah Gratis untuk Difabel, Cek Syaratnya!. Gambar : Instagram/@umsurabaya

BaperaNews - Siswa difabel atau tunadaksa kini bisa kuliah di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya secara gratis alias tanpa biaya. UM Surabaya membuka beasiswa khusus calon mahasiswa difabel melalui program bertajuk Beasiswa Difabel UM Surabaya 2023.

“Siswa difabel yang mendaftar harus menjalani sejumlah tahap diantaranya mengisi formulir pendaftaran, tes tulis, hingga tes wawancara di beasiswa kuliah gratis UM Surabaya ini” kata Wakil Rektor III Bidang SDM dan Kemahasiswaan UM Surabaya Ma’ruf Sya’ban hari Senin (17/6).

Beasiswa ini ialah salah satu dari 11 beasiswa kuliah gratis UM Surabaya yang dibuka tahun 2023 ini. Khusus difabel, beasiswa beasiswa kuliah gratis ini hanya untuk tunadaksa atau mereka yang memiliki disabilitas fisik di alat gerak di otot atau tulang.

Calon mahasiswa tunadaksa yang mendaftar beasiswa kuliah gratis UM Surabaya bisa memilih berbagai jurusan seperti kedokteran gigi, kedokteran, ilmu kesehatan, dan lainnya. Pendaftar hanya dikenai biaya formulir.

Selanjutnya jika lolos seleksi, yang bersangkutan bebas dari segala biaya baik itu biaya uang gedung hingga dana pendidikan. Pendaftar yang lolos beasiswa kuliah gratis juga akan tanda tangan kontrak dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI).

Baca Juga : RUU Kesehatan: Pemberi Kerja Harus Daftarkan Karyawan ke BPJS

Syarat Beasiswa Difabel Tunadaksa UM Surabaya 2023

  • Memiliki kondisi tunadaksa
  • Mendapat rekomendasi dari institusi kredibel
  • Bersedia tanda tangan kontrak dengan BAKAI UM Surabaya
  • Ikut tes seleksi sesuai aturan

Mendapat hak bebas biaya uang gedung dan uang pendidikan kecuali biaya formulir. Beasiswa difabel tunadaksa dari UM Surabaya ini menurut Ma’ruf sebagai bentuk komitmen menyediakan pendidikan terbaik untuk semua kalangan masyarakat.

Diharapkan lulusan beasiswa difabel tunadaksa UM Surabaya nantinya bisa mengakses fasilitas kampus ramah difabel agar mereka bisa menjalani kuliah dengan nyaman dan aman.

“Beberapa diantara mereka difabel yang berkuliah di UM Surabaya sudah lulus dan saat ini sudah bekerja. Semoga mereka bisa memberi manfaat dan dampak untuk diri sendiri maupun pada masyarakat” pungkas Ma’ruf.

Pendaftaran beasiswa difabel tunadaksa UM Surabaya telah dibuka dan berakhir pada 3 Agustus 2023 mendatang. Informasi tentang pendaftaran dan seluruh proses beasiswa kuliah gratis ini bisa disimak di laman resmi UM Surabaya www.um-surabaya.ac.id atau menghubungi nomor resmi kampus UM Surabaya di 085852446337.

Baca Juga : Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kemenhub Buka Suara