Top 3 Global! Indonesia Tetap Beli Minyak Rusia Hingga Kinder Joy Ditarik Dari Pasaran

Beita populer terkini terkait Indonesia yang masih membeli minyak dari Rusia ketika negara lain melarangnya, kinder joy ditarik dari pasar Inggris, pernyataan NATO tentang Rusia, hingga China yang membatasi muslim Uyghur.

Top 3 Global! Indonesia Tetap Beli Minyak Rusia Hingga Kinder Joy Ditarik Dari Pasaran
Indonesia Tetap Beli Minyak Rusia. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Berita populer dari seluruh dunia kami sampaikan untuk Anda secara ringkas dan jelas, dimulai dari Indonesia yang masih membeli minyak dari Rusia ketika negara lain melarangnya, ada juga kinder joy yang ditarik dari pasar Inggris, pernyataan NATO tentang Rusia, dan China yang membatasi muslim Uyghur.

Berikut rangkumannya.

  1. Indonesia tetap beli minyak Rusia

PT Pertamina membeli minyak mentah dari Rusia yang harganya lebih murah dari pasar internasional meski negara-negara barat melarang. Kemenlu RI menegaskan, Indonesia bebas bekerjasama dengan negara manapun termasuk Rusia. “Kami melihat ada peluang lebih baik untuk membeli minyak di Rusia, Indonesia tidak pernah mengikuti ajakan sanksi yang diberlakukan pihak tertentu” ujar Nicke Widyatama Dirut PT Pertamina dan Teuku Faizasyah Kemenlu RI.

  1. Kinder Joy Ditarik di Pasar Inggris

FSA, Badan Standar Makanan Inggris mengungkap kemungkinan adanya Salmonella di Kinder joy, jajanan coklat populer yang juga dijual di Indonesia. “Kami menangani masalah pangan dengan serius dan meski belum ada bukti positif salmonella, kami minta maaf atas masalah ini, ini terkait dengan wabah salmonella” ujar Ferrero, pemilik Kinder.

Baca Juga: Rangkuman Hari Ke 40 Serangan Rusia Ke Ukraina 410 Mayat di Bucha

  1. China batasi muslim Uyghur

China membatasi jumlah muslim yang boleh puasa di bulan Ramadhan bagi muslim Uyghur dan hal ini mendapat kritik keras. “Langkah-langkah Ramadhan sedang diambil untuk menghilangkan Uyghur yang takut berpuasa karena tak boleh ada salah paham tentang kebijakan Partai Komunis” ujar Toukezhake, polisi di Kotapraja Kashgar. 

Yang boleh puasa adalah dewasa dan orang tua, dan anak sekolah dilarang. “Ini untuk menghindari agama memberi efek negatif di pikiran anak-anak” jelasnya.

  1. NATO : Rusia ingin kuasai Donbas

NATO menyebut Rusia akan mengambil seluruh wilayah Donbas di Ukraina Timur, “Pasukan Rusia menjauh dari Kyiv untuk berkumpul dan mempersenjatai kembali sambil memasok logistic untuk berlatih dan fokus ke timur Ukraina, dalam beberapa minggu mendatang, gempuran Rusia akan lebih lanjut dan mencoba menguasai Donbas” ujar Stoltenberg, Kepala NATO hari Selasa 5 April 2022.

Donbas ialah wilayah di Ukraina Timur yang menaungi Donetsk dan Luhansk dimana wilayah tersebut sudah lama dikuasai separatis pro Rusia dan menjadi lokasi konflik zona berdarah sejak pencaplokan Crimea. Pemimpin Donetsk dan Luhansk bahkan telah mendeklarasikan diri untuk bergabung dengan Rusia.

Baca juga: Invasi Rusia Masih Berlanjut, Warga Muslim Ukraina Kesulitan Jalani Ibadah Ramadhan