The Changcuters Klarifikasi soal Rumor Iqbaal Ramadhan Gantikan Tria Sementara

The Changcuters bantah rumor bahwa Iqbaal Ramadhan menggantikan Tria sebagai vokalis. Iqbaal hanya bintang tamu di kampanye '20th Tangguh' mereka.

The Changcuters Klarifikasi soal Rumor Iqbaal Ramadhan Gantikan Tria Sementara
The Changcuters Klarifikasi soal Rumor Iqbaal Ramadhan Gantikan Tria Sementara. Gambar : Instagram/@thechangcuters

BaperaNews - Baru-baru ini, rumor yang mengatakan bahwa Iqbaal Ramadhan telah menggantikan posisi vokalis Tria di band rock The Changcuters viral. Kabar ini mulai mencuat setelah penampilan Iqbaal bersama The Changcuters di R-I Fest 2024. 

Menanggapi rumor yang beredar, pihak The Changcuters dengan tegas membantah kabar tersebut. Dipa, manajer sekaligus bassist The Changcuters, menjelaskan bahwa kehadiran Iqbaal Ramadhan di atas panggung bukan untuk menggantikan posisi Tria sebagai vokalis sementara.

"Di beberapa event festival di 2024 kami itu bawakan campaign The Changcuters 20th Tangguh di mana menandakan kami tahun ini 20 tahun dalam bermusik," jelas Dipa saat diwawancarai pada Senin (19/8).

Iqbaal Ramadhan memang tampil bersama The Changcuters di R-I Fest 2024 yang berlangsung pada 16-17 Agustus lalu di Gambir Expo JIExpo Kemayoran, Jakarta. Namun, Dipa menegaskan bahwa penampilan Iqbaal hanya sebagai bintang tamu untuk tiga lagu, dan bukan sebagai pengganti Tria.

"Rumor yang mengatakan Iqbaal Ramadhan mengisi posisi vokalis temporer The Changcuters sementara Tria pulih dari sakitnya itu tidak benar," tambah Dipa.

Baca Juga: Manajer Ungkap Kondisi Tria The Changcuters usai Pingsan di The Sounds Project

Rumor ini muncul tidak lama setelah Tria The Changcuters pingsan di atas panggung saat manggung di The Sounds Project pada 10 Agustus 2024. Insiden tersebut terjadi saat Tria dan The Changcuters membawakan lagu "Gila-gilaan". Setelah pingsan, Tria langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Tria sudah keluar dari rumah sakit dan kondisi kesehatannya sudah membaik, namun ia masih perlu banyak istirahat dan tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat," ujar Dipa dalam kesempatan yang berbeda.

Di tengah masa pemulihan Tria, The Changcuters tetap melanjutkan jadwal penampilan mereka di berbagai festival musik. Kampanye 20 tahun The Changcuters, yang diberi nama "20th Tangguh", menjadi tema besar dalam setiap penampilan mereka di tahun 2024.

"Jadi, sebagai contoh di festival The Sounds Project kami bawa orkestra, kemudian kemarin di R-I Festi kami bawa Iqbaal Ramadhan (Baale) sebagai bagian dari 20th Tangguh. Jadi, setiap festival besar, kami ada tema," kata Dipa.

Selama Tria masih dalam masa pemulihan, posisi vokalis di The Changcuters akan diisi oleh Qibil, yang biasanya bermain sebagai gitaris. Keputusan ini diambil untuk memastikan The Changcuters tetap bisa tampil di berbagai acara yang sudah dijadwalkan.

Baca Juga: Vokalis The Changcuters Pingsan di Atas Panggung Sound project Usai Tampil Enerjik