Terjerat Jaringan Fredy Pratama, Selebgram Makassar Jadi Tersangka

Nur Utami, selebgram Makassar, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba dan pencucian uang terkait gembong narkoba Ferdy Pratama.

Terjerat Jaringan Fredy Pratama, Selebgram Makassar Jadi Tersangka
Terjerat Jaringan Fredy Pratama, Selebgram Makassar Jadi Tersangka. Gambar : Instagram/@nurutami.s

BaperaNews - Bareskrim Polri masih mengembangkan kasus narkoba yang didalangi Ferdy Pratama. Terbaru, selebgram Nur utami asal Makassar ditetapkan sebagai tersangka jaringan gembong narkoba Indonesia. Selebgram Makassar tersebut telah ditahan di Bareskrim Polri.

“Selebgram Nur Utami ditetapkan sebagai tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan telah ditahan di Rutan Bareskrim” kata Wakil Direktur Narkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi hari Senin (18/9).

Selebgram Nur Utami ialah istri dari S yang merupakan kaki tangan gembong narkoba Indonesia Ferdy Pratama. S juga menjadi tersangka dan masih diburu polisi.

S mengendalikan jaringan narkoba di kawasan Sulawesi bersama tersangka lain bernama WW yang telah tertangkap dan ditahan lebih dulu.

“Selebgram Makassar ini ialah istri dari S yang masih dalam pencarian penyidik dan secara langsung S berperan sebagai pengendali” imbuhnya.

Gembong narkoba Indonesia Ferdy Pratama menjalankan transaksi narkoba secara terorganisir dan rapi bahkan komplotannya punya aturan atau SOP sendiri yang ketat mulai dari cara berkomunikasi hingga daftar sandi khusus.

Para pembeli narkoba harus memesan kamar hotel terlebih dahulu, tidak boleh memesan wanita ketika di hotel, langsung buang SIM Card jika ada kendala, dan maksimal menginap di hotel 3 hari agar tidak mudah dilacak keberadaannya. 

Baca Juga : Eks AKP Narkoba Polres Lampung Jadi Kurir Spesial Gembong Narkoba Fredy Pratama

“Jadi jaringan narkoba (tempat selebgram Nur Utami terlibat) ini punya aturan yang ketat mulai dari pemakaian identitas diri, nomor ponsel, cara komunikasi, bahkan harus pemesanan di hotel. Para kurir dilarang naik ojek online di hotel. Harus dari luar hotel sekitar 10-15 meter” ungkap Direktur Ditresnarkoba Polda Lampung Kombes Erlin Tangjaya hari Jumat (15/9) lalu.

Polisi belum memberikan penjelasan rinci mengenai peran Selebgram Makassar, Nur Utami, dalam kasus narkoba ini. Mereka masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan.

Namun, Nur Utami diduga memiliki peran yang signifikan, mengingat dia adalah istri dari S, yang merupakan tangan kanan Ferdy dan terlibat dalam kendali transaksi narkoba.

Diperkirakan bahwa Nur Utami juga mendapatkan keuntungan finansial dan memiliki aset dari hasil kegiatan ilegal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya selebgram Palembang Adelia Putri Salma juga ditangkap karena kasus yang sama. Adelia ialah istri dari David, tahanan narkoba yang ternyata masih jalankan bisnis narkoba di balik sel penjara. Adelia yang mengelola uang hasil barang haram tersebut.

@baperanews.com Bareskrim Polri masih mengembangkan kasus yang didalangi Fredy Pratama. Terbaru, selebgram Nur utami asal Makassar ditetapkan sebagai tersangka. #nurutami #fredypratama ♬ som original - AV music

Baca Juga : Gembong Narkoba Terbesar di RI Fredy Pratama Aset Capai Rp 10,5 T