Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Menanam Pohon Magrove, Fahd A Rafiq: Upaya Cegah Kenaikan Air Laut Akibat Perubahan Iklim

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq, mendukung upaya Presiden Jokowi dalam mencegah perubahan iklim dengan menanam pohon mangrove.

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Menanam Pohon Magrove, Fahd A Rafiq: Upaya Cegah Kenaikan Air Laut Akibat Perubahan Iklim
Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Menanam Pohon Magrove, Fahd A Rafiq: Upaya Cegah Kenaikan Air Laut Akibat Perubahan Iklim. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi EBT (LIKE) di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Senin (18/9). Dalam kesempatan itu Jokowi meminta kepada semua pihak untuk berhati-hati atas dampak perubahan iklim hingga kerusakan lingkungan.

Kini diketahui suhu bumi dan cuaca semakin memanas membuat kekeringan, yang berimbas pada krisis pangan. Hal ini juga membuat adanya 19 negara mengerem ekspor komoditas pangan seperti beras.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq sampaikan dukungan terhadap upaya Presiden Jokowi dalam mengajak masyarakat untuk mengiatkan menanam pohon mangrove dipesisir pantai, karena perubahan iklim sangat ekstrem yang terjadi di dunia, yang berdampak volume air laut kini naik.

“Presiden telah mengajak masyarakat untuk mengiatkan menanam pohon mangrove di pesisir pantai, kini iklim cuaca didunia sangat ekstrem, perubahahan tersebut banyak sekali berdampak terhadap lingkungan, terutama kenaikan gelombang air laut, saya sangat mendukung upaya Presiden Jokowi untuk mengajak kepada masyarakat terhadap mencegah pada terjadinya perubahan iklim tersebut, dengan menanam pohon dan merehabilitasi hutan.” Ujar Fahd A Rafiq Selasa, (19/9).

“Saya harapkan, masyarakat juga bisa menyikapi terhadap arahan Pemerintah, hal ini teruntuk meredam terjadinya kerusakan lingkungan dari dampaknya perubahan iklim, dan diharapkan meminimalisir terjadinya bencana alam terjadi di wilayah Indonesia.” Tutup Fahd A Rafiq.

Kemudian, Presiden Jokowi menerangkan pemerintah saat ini juga telah melaksanakan upaya-upaya untuk merehabilitasi lingkungan. Hal ini sebagai antisipasi dampak perubahan iklim. 

Upaya itu diantaranya adalah membangun fasilitas persemaian bibit. Misalnya ada di Bogor (Jawa Barat), kawasan Ibu Kota Nusantara (Kalimantan Timur), hingga di Denpasar (Bali). 

Penulis : FNID