Tanggapan Putin Soal Ukraina Jadi Anggota NATO

Presiden Rusia, Vladimir Putin memberi tanggapan tentang dampak jika Ukraina menjadi anggota NATO.

Tanggapan Putin Soal Ukraina Jadi Anggota NATO
Tanggapan Vladimir Putin soal Ukraina jadi anggota NATO. Gambar : Reuters/Dok. Alina Yarysh

BaperaNews - Presiden Rusia, Vladimir Putin bicara tentang dampak jika Ukraina jadi anggota NATO, salah satu dampaknya membuat kondisi dunia lebih rentan. Terlebih saat ini pakta pertahanan Atlantik Utara itu makin mendekatkan posisinya dengan Ukraina.

“Saya yakin ini tak akan bisa tingkatkan keamanan di Ukraina itu sendiri dan secara umum akan membuat dunia ini jadi lebih rentan dan menyebabkan ketegangan di kawasan internasional” kata Vladimir Putin pada Jumat (14/7).

Rusia selama ini mencegah Ukraina bergabung dengan NATO menurut Putin ia lakukan dengan luncurkan operasi militer di Ukraina.

Perang yang selama ini terjadi antara Rusia dan Ukraina ialah bagian dari langkah pencegahan agar Ukraina tidak bergabung dengan NATO.

Vladimir Putin menyampaikan perihal ini kepada awak media sehari setelah ada pertemuan anggota NATO di Lithuania pada Rabu (12/7) dimana NATO berjanji memberi dukungan untuk Kiev (Ukraina) namun untuk keanggotaan saat ini ditunda dulu.

Kiev selama ini mendapat bantuan dari sejumlah negara NATO terkait senjata dan alat perang lainnya untuk melawan Rusia.

Kiev juga meminta bantuan senjata yang lebih canggih yang bisa dikendalikan jarak jauh seperti rudal untuk bisa memukul mundur pasukan Rusia.

Baca Juga : Wagner Gagal Kudeta Rusia, Putin: Rusia Solid

Menurut Vladimir Putin, rudal jarak jauh ini akan menyebabkan kerusakan namun tidak akan ada hal kritis terjadi di zona tempur, hal serupa berlaku untuk tank buatan dari luar negeri.

“Pengiriman senjata yang baru hanya akan perburuk kondisi, membuat lebih parah kondisi di Ukraina dan jelas akan memicu konflik” pungkas Vladimir Putin.

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky merasa marah dan kecewa dengan pernyataan NATO dalam KTT di Lithuania tentang Ukraina yang saat ini belum bisa bergabung dengan mereka, Zelensky menganggap hal ini absurd.

Pada KTT NATO yang dirilis pada Selasa (11/7), disebutkan bahwa Ukraina jadi anggota NATO bisa secepatnya namun tidak jelas kapan waktunya Ukraina bisa resmi masuk NATO.

NATO juga tidak membahas syarat apa yang harus dipenuhi Ukraina untuk bisa menjadi anggota NATO.

‘Tidak pernah terjadi hal seperti ini sebelumnya dan absurd ketika jangka waktunya bahkan tidak ditentukan, baik soal undangan atau soal kapan Ukraina jadi anggota NATO” komentar Volodymyr Zelensky.

Baca Juga : Finlandia Resmi Masuk NATO Usai Turki Beri Persetujuan