Segera Hadir, Ibu Kota Nusantara Dalam Bentuk Metaverse

Pemerintah melalui PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional) Bappenas sedang mempersiapkan IKN Nusantara dalam versi metaverse!

Segera Hadir, Ibu Kota Nusantara Dalam Bentuk Metaverse
IKN Nusantara Versi Metaverse Akan Segera Hadir. Gambar : Dok. Kementerian PUPR

BaperaNews - Pemerintah melalui PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional) Bappenas sedang mempersiapkan IKN Nusantara dalam bentuk metaverse, yang ditargetkan akan selesai pada April 2022 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Menteri PPN dan Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa di Gedung DPR RI.

“Kami sedang siapkan  Ibu Kota Nusantara  dalam bentuk metaverse, mudah-mudahan dalam 4 bulan kami di Bappenas bisa tunjukkan  Ibu Kota Nusantara tersebut itu kalau kalau jadi seperti ini” ujarnya.

Metaverse sendiri ialah sebuah teknologi canggih yang hadir sejak masa pandemi covid19 dimana ini adalah sebuah dunia virtual yang terlihat nyata, melalui hal ini, Suharso menyebut masyarakat akan bisa melihat lebih dekat dan nyata seperti apa konsep Ibu Kota Nusantara itu akan dibangun.

“Jadi tidak ada lagi bentuk market atau hologram, tapi dia sudah reaktif” lanjutnya.

Suharso telah bekerjasama dengan ahli di bidang metaverse, diharapkan hasilnya akan memuaskan, “Ini kerjasama dan mudah-mudahan 4 bulan kita bisa lihat, demikian majunya teknologi ini dan ini akan diletakkan juga di Peraturan Presiden” tuturnya.

Baca Juga: Mulai 1 April, Mobil Berkecepatan 120 Km / Jam Di Tol Bakal Kena Tilang

Menurut Suharso, rencana pembangunan induk IKN tidak bisa dipisah dengan kemajuan teknologi, fiber optic infrastruktur tidak hanya bisa berbasis pada era 4.0 atau era 5.0 mengingat ke depannya juga ada era 6.0 dan 7.0.

Arsitektur urban IKN menjadi sangat penting di masa perkembangan zaman, sehingga dengan adanya desain metaverse, bentuk IKN dan pembangunannya menjadi lebih jelas, “Kita ingin kota itu cantik, indah, dan jelas judulnya, bukan kota tanpa judul” tutupnya.

Di Indonesia sendiri, metaverse baru dalam pengembangan, sejumlah perbankan negeri seperti BNI dan BRI telah mengumumkan terjun ke kanal realitas virtual yang dikembangkan WIT Group dengan nama Metaverse Indonesia.

Platform ini akan menghadirkan virtual reality dari kota besar di Indonesia, “Metaverse Indonesia akan dibangun dengan tata kelola yang kredibel dan berdasar nilai bangsa, disana akan ada kota-kota utama Indonesia” ujar Executive Chairman and Co Founder WIR Group, Daniel Surya.

Tentunya dengan adanya IKN Nusantara dan kota-kota Indonesia lainnya dalam bentuk IKN akan memungkinan masyarakat bisa melihatnya secara nyata dan merasakannya dalam bentuk virtual tanpa harus menuju langsung ke lokasi, membuat seluruh masyarakat dimanapun berada bisa menikmati pemandangan kota lain tanpa harus melakukan perjalanan secara langsung.

Baca Juga: Terdakwa Korupsi Rp 27 Miliar Divonis Bebas, Jaksa Akan Ajukan Kasasi