Sandiaga Uno Minta Hari Kejepit Diliburkan, Berikut Daftar Hari Kejepit 2023

Menparekraf Sandiaga Uno meminta untuk hari kejepit diliburkan alias jadi tanggal merah. Berikut daftar hari kejepit 2023.

Sandiaga Uno Minta Hari Kejepit Diliburkan, Berikut Daftar Hari Kejepit 2023
Daftar hari kejepit nasional sepanjang tahun 2023. Gambar : unsplash.com/Dok. Behnam Norouzi

BaperaNews - Hari kejepit ialah hari kerja yang diapit oleh dua hari libur, yakni sebelum dan setelahnya. Misalnya ialah hari Kamis libur, Jumat masuk, Sabtu libur. Maka berangkat kerja atau sekolah di hari Jumatnya seringkali terasa nanggung, inginnya di hari kejepit tersebut sekalian diliburkan saja.

Pasalnya, aktifitas harus dilakukan di tengah hari libur nasional dan di akhir pekan, yang mungkin dirasa lebih menyenangkan jika dipakai untuk sekedar istirahat bersantai di rumah atau bepergian ke tempat wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun menyampaikan usulan agar hari kejepit diliburkan alias jadi tanggal merah, hal tersebut disampaikan di sebuah unggahan video melalui akun Twitternya belum lama ini.

“Ini yang perlu kita dorong, jadi saya ngomong ke Pak Menteri PAN-RB Anas, agar memaksimalkan Kejepitination atau Mondayisation” cuitnya.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, hari kejepit bisa dimanfaatkan dengan mengoptimalkan hari libur nasional yang jatuh di akhir minggu, agar wisatawan bisa lebih mudah berkunjung dan meningkatkan geliat UMKM.

“Saya rasa bekerja dan berlibur itu harus seimbang. Sekedar istirahat di dalam rumah atau datang ke wisata sekitar tempat tinggal bisa jadi pilihan terbaik untuk isi waktu di hari kejepit” imbuhnya.

Terlepas dari disetujui atau tidaknya wacana hari kejepit diliburkan tersebut, berikut daftar hari kejepit 2023.

Baca Juga : Ide Baru Sandiaga Uno: Hari Kejepit Nasional diliburkan

Daftar Hari Kejepit 2023:

  • Jumat 24 Maret 2023

Ada dua hari libur yakni Rabu 22 Maret 2023 Hari Raya Waisak dan Kamis 23 Maret 2023 sebagai cuti bersama Nyepi. Hari libur muncul di hari Rabu dan Kamis, maka hari Jumatnya menjadi hari kejepit.

  • Jumat 19 Mei 2023

Kamis 18 Mei 2023 ialah Kenaikan Isa Almasih, membuat hari Jumat menjadi hari kejepit.

  • Jumat 30 Juni 2023

Hari Jumat 30 Juni 2023 jadi hari kejepit karena sehari sebelumnya Kamis 19 Juni 2023 ialah hari libur Idul Adha.

  • Jumat 18 Agustus 2023

Yakni hari kejepit setelah hari perayaan kemerdekaan RI pada Kamis 17 Agustus 2023.

  • Jumat 29 September 2023

Hari kejepit usai dirayakannya Maulud Nabi Muhammad SAW pada Kamis 28 September 2023.

Itulah hari kejepit nasional yang terjadi sepanjang tahun 2023, bagaimana menurut Anda? setuju dengan pendapat Menparekraf Sandiaga Uno agar hari-hari tersebut diliburkan saja?

Baca Juga : 20 Link Kalender 2023 Dengan Design Lucu