Rute Krl Berubah Penumpang Menumpuk Dan Lama Menunggu Di Stasiun Manggarai

Akibat rute KRL berubah, penumpang di Stasiun Manggarai menumpuk dan menunggu lama kereta dari Cikarang.

Rute Krl Berubah Penumpang Menumpuk Dan Lama Menunggu Di Stasiun Manggarai
Rute Krl Berubah Penumpang Menumpuk Dan Lama Menunggu Di Stasiun Manggarai. Gambar : Okezone.com

BaperaNews - Pada Sabtu 28 Mei 2022, Stasiun Manggarai nampak dipadati penumpang akibat perubahan pada rute KRL. Para penumpang dari jabodetabek menunggu lama di peron 7, mereka menunggu kereta dari Cikarang, Jabar. Pada jam 12.22 WIB, peron 7 sangat padat, sejumlah penumpang duduk di peron karena kereta tak kunjung datang, mereka sudah menunggu selama 1 jam lebih. Pukul 12.40 WIB, barulah kereta menuju Cikarang datang, penumpang dari dalam kereta segara beranjak keluar dan pada saat itulah ratusan manusia memadati peron lantai 1.

Sebelumnya Stasiun Manggarai didesain menjadi  tiga lantai, lantai dasar untuk KA Tanah Abang Sudirman, Duri, dan KA jarak jauh. Sedangkan lantai 2 ialah tempat perpindahan penumpang, dan lantai 3 menjadi area peron kereta ke Bogor dan Jakarta Kota.

Penumpang yang turun di Peron 7 naik ke Peron 11 beramai-ramai dan juga ke Peron 12 lantai 3, arus lalu lintas di lantai dasar terhenti hingga satu menit untuk bisa naik.

PT KAI Persero memang sedang merubah pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek per hari Sabtu kemarin, perubahan terjadi di lintas Cikarang Bekasi, Bogor, Depok, Nambo, dan pola transit. Sehingga para penumpang KRL yang sebelumnya bisa langsung lewat Tanah Abang dan Angke, kini harus transit dulu ke Stasiun Manggarai.

Rute KRL Cikarang Bekasi yang dulunya bisa langsung ke Jakarta juga harus ganti kereta dulu di Stasiun Manggarai, serta kereta dari Bogor hanya melayani ke Jakarta Kota dan sebaliknya. SO (Switch Over)  atau system peralihan ke 5 di Stasiun Manggarai dilakukan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta sehingga pembangunan akan dilanjutkan.

Pengguna kereta pun mengaku kesal karena Stasiun Manggarai menjadi sangat padat. Salah satu penumpang bernama Riki, menyebut kini penumpang harus berdesakan. “Mungkin orang lain juga pada kesal dalam hatinya, saya juga kesal tapi gimana memang aturan dari sananya, penuh, harus menunggu 30 menit” ujarnya di lokasi hari Sabtu.

Penumpang lain bernama Anisa juga mengaku kesal harus berdesakan di kereta, ia yang hendak ke Bogor memilih untuk istirahat sejenak di minimarket, “Ramai, penuh keretanya, sudah 2 jam disini, nunggu sepi” ujarnya.

Baca Juga : Atap Tribun Sirkuit Formula E Roboh, Panitia Langsung Lakukan Evaluasi!