Rusia Sebut Zelensky Coba Ciptakan Perang Dunia III Usai Daftar NATO

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diduga picu Perang Dunia III usai daftar Nato dan menuntut agar NATO melakukan serangan kepada Rusia untuk mencegah penggunaan senjata nuklir.

Rusia Sebut Zelensky Coba Ciptakan Perang Dunia III Usai Daftar NATO
Kremlin sebut Zelensky coba ciptakan perang dunia III usai daftar NATO. Gambar : REUTERS/Viacheslav Ratynskyi

BaperaNews - Kremlin menyebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mencoba menciptakan Perang Dunia III usai Zelensky menuntut NATO melakukan serangan kepada Rusia untuk mencegah penggunaan senjata nuklir.

Zelensky sebelumnya bicara pada Kamis (6/10), mengatakan bahwa NATO seharusnya memastikan Moskow tidak memakai serangan nuklir dalam melawan Kyiv, dengan cara melakukan serangan kepada Rusia agar Rusia tahu “Apa yang menanti jika memutuskan untuk menggunakan nuklir”.

“Apa yang harus NATO lakukan? Hilangkan kemungkinan Rusia memakai senjata nuklir” ujar Zelensky.

“Sekali lagi saya himbau masyarakat internasional, serangan pendahuluan untuk mereka agar mereka tahu jika mereka menggunakannya (nuklir), bukan sebaliknya” imbuhnya.

Moskow pun mengecam kalimat Zelensky, Jubir Kremlin Dmytri Peskov menyampaikan bahwa pernyataan Zelensky tentang permintaan untuk menyerang Rusia sama saja seperti seruan Perang Dunia yang akan membawa dampak bencana.

“Ini adalah Negara AS dan Inggris yang mengarahkan Kyiv untuk mengelola kegiatannya dan bicara tentang niat mereka untuk pertahankan Ukraina sampai akhir, oleh sebabnya mereka harus bertanggung jawab atas tindakan orang dan rezim ini” tuturnya pada Jumat (7/10).

Baca Juga : Elon Musk Ribut Dengan Zelensky Usai Sarankan Perdamaian Rusia-Ukraina

Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova juga menyebut Zelensky adalah pemimpin boneka yang tidak stabil dan telah berubah jadi monster.

Sedangkan seorang profesor ilmu politik dari AS, Nicolai Petro juga menyampaikan hal senada dengan pernyataan Kremlin, menurutnya, masuknya Ukraina ke NATO bisa membuat ancaman besar untuk perdamaian dunia, ia menyebut hal itu bisa memicu perang dunia.

Terlebih Zelensky meminta agar NATO mempercepat proses masuknya ke aliansi militer tersebut. Zelensky menyebut negaranya harus menang agar Rusia tidak menyerang Negara lain.

“Perang harus dimenangkan Ukraina agar tidak menghantam Negara lain” ucapnya.

Perang Rusia Ukraina masih terus berlangsung, ketegangan terus terjadi, kedua Negara sama-sama tidak membuka jalan untuk bernegosiasi. Dunia kini khawatir jika Presiden Rusia Vladimir Putin nekat menggunakan serangan nuklir dalam serangannya ke Ukraina.

Pakar nuklir memperingatkan bahwa nuklir bisa menempatkan dunia di ambang paling berbahaya. “Perdebatan tentang potensi penggunaan nuklir kemungkinan mengarah pada perang habis-habisan, tidak ada yang tahu bagaimana bisa menahan eskalasi di ambang batas ini” terang Direktur Pelucutan Senjata Austria, Alexander Kmentt.

Baca Juga : Geram 4 Wilayahnya Diambil Rusia, Kini Ukraina Resmi Daftar NATO