RK-Suswono Akan Dideklarasikan KIM Plus Maju Pilkada Jakarta Malam Ini

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan secara resmi mendeklarasikan Ridwan Kamil dan Suswono sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 19 Agustus 2024.

RK-Suswono Akan Dideklarasikan KIM Plus Maju Pilkada Jakarta Malam Ini
RK-Suswono Akan Dideklarasikan KIM Plus Maju Pilkada Jakarta Malam Ini. Gambar: Kolase Humas Prov Jabar/ Dok. PKS

BaperaNews - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan secara resmi mendeklarasikan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Deklarasi ini dijadwalkan berlangsung pada Senin, (19/8), dengan dihadiri oleh sejumlah partai politik yang tergabung dalam KIM Plus.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, mengonfirmasi rencana deklarasi tersebut. "Insya Allah, nanti sore deklarasi," ujar Zaki saat dikonfirmasi pada Senin (19/8).

Namun, Zaki belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai waktu dan lokasi tepatnya deklarasi akan dilakukan. Dia hanya menyebut bahwa sejumlah partai yang tergabung dalam KIM Plus, seperti Golkar, PKS, Gerindra, PAN, PSI, dan Demokrat, akan hadir dalam acara tersebut.

"Ini partai KIM yang ada di DPRD Jakarta dulu," imbuh Zaki.

Ridwan Kamil sebelumnya telah mengonfirmasi akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 bersama Suswono, kader PKS. Pernyataan ini disampaikan Ridwan Kamil usai mengikuti upacara pengibaran bendera di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Sabtu (17/8).

Baca Juga: Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Hari ini, Ganti Menkumham Hingga Lantik Bahlil dan Rosan

"Sementara deklarasi kami akan dilakukan besok tanggal 19 Agustus 2024, pada 19.00 WIB, malam. Mungkin nanti penyerahan dukungan secara simbolis bisa dilakukan di sana," kata Ridwan Kamil di kantor DPP Partai Perindo, Minggu (18/8).

Deklarasi ini akan menjadi momen penting bagi pasangan Ridwan Kamil dan Suswono, mengingat dukungan yang mereka terima dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan partai-partai yang tergabung di dalamnya. Dukungan tersebut diharapkan mampu memperkuat posisi mereka dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah hampir bulat untuk mengusung Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, dalam Pilkada 2024.

Beberapa partai yang sebelumnya mendukung Anies Baswedan dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan KIM untuk membentuk koalisi yang lebih besar, dikenal dengan KIM Plus. Partai-partai seperti PKS, PKB, dan NasDem memberikan sinyal untuk bergabung, yang membuat pencalonan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta terancam batal.

Dukungan dari KIM Plus ini menjadi momentum penting dalam perjalanan politik Ridwan Kamil dan Suswono menuju Pilgub DKI Jakarta 2024.

Sejumlah pengamat politik menilai bahwa dengan dukungan kuat dari berbagai partai besar, pasangan ini memiliki peluang besar untuk memenangkan kontestasi politik di ibu kota.

Baca Juga: Daftar Nama Calon Gubernur yang Berpotensi Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024: Ridwan Kamil hingga Ahok