Ditanya Tentang Rencana Kedepan Usai Bebas, Jessica Wongso: No Have Idea

Jessica Wongso, dalam wawancaranya berbagi tentang rencana hidupnya, pengalaman di penjara, dan harapan ke depan.

Ditanya Tentang Rencana Kedepan Usai Bebas, Jessica Wongso: No Have Idea
Ditanya Tentang Rencana Kedepan Usai Bebas, Jessica Wongso: No Have Idea. Gambar : VIVA.co.id

BaperaNews - Jessica Kumala Wongso, nama yang sempat heboh karena kasus Kopi Sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin, kini telah menghirup udara bebas.

Setelah delapan tahun menjalani hukuman di balik jeruji besi di Lapas Pondok Bambu, Jessica resmi mendapat pembebasan bersyarat pada Minggu (18/7). Meski bebas, ia tetap harus menjalani wajib lapor hingga tahun 2032, sebuah bagian dari masa hukuman 20 tahun yang dijatuhkan padanya.

Momen kebebasan Jessica Kumala Wongso tentu menjadi perhatian publik. Banyak yang penasaran dengan rencana hidupnya setelah bebas dari penjara. Namun, dalam sebuah wawancara dengan awak media, Jessica mengungkapkan bahwa dirinya belum memiliki rencana yang jelas untuk ke depan.

"I said I no have idea what to do the moment because I just rilis from prison and I've no plan yet," ucap Jessica dengan santai.

Jessica menambahkan bahwa saat ini ia masih dalam keadaan bingung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali dengan kehidupan di luar penjara. Ia juga menyebutkan bahwa dirinya akan berbicara terlebih dahulu dengan keluarga dan orang-orang terdekat untuk merencanakan langkah ke depan.

"Saya masih blank nggak tahu mau ngapain. Jadi untuk ke mananya habis ini, saya masih belum bisa jawab. Saya akan rundingkan lagi dengan orang-orang di sekitar saya," tambahnya.

Meski kasusnya telah menjadi sorotan besar, Jessica mengaku sudah berusaha untuk melepaskan semua perasaan negatif dalam dirinya. Ia mengungkapkan bahwa tidak ada lagi dendam dan kebencian yang ia simpan di hatinya. Jessica berharap bahwa dengan niat hidup lebih baik, masa depannya akan lebih cerah.

Baca Juga: Jessica Wongso Bebas Bersyarat atas Kasus Kopi Sianida

"Saya tidak lagi punya perasaan negatif. Pandangan saya kedepannya ingin hidup lebih baik. Jika saya niatkan seperti itu, saya berharap saya dan orang-orang dekat akan menjalani kehidupan yang lebih baik dibandingkan kehidupan yang lalu-lalu," tukasnya.

Jessica juga mengaku telah memaafkan mereka yang pernah berbuat buruk padanya.

"Pada waktu awal itu terjadi saya merasakan sangat sedih sekali ya, tapi sejalannya waktu, dan sekarang ini saya sudah memaafkan yang telah melakukan hal-hal buruk kepada saya," ucapnya dengan tenang.

Ia menyebutkan bahwa kini hatinya sudah plong, tanpa ada kebencian yang tersisa.

"Sudah tidak ada kebencian lagi di hati saya, jadi sekarang sudah plong saja," kata Jessica.

Dalam momen ini, Jessica juga menyampaikan duka citanya kepada keluarga Wayan Mirna Salihin. Ketika ditanya apa yang ingin ia sampaikan kepada keluarga Mirna, Jessica hanya bisa mengucapkan belasungkawa yang mendalam.

"For Myrna's family, well I'm sorry for your loss, It's my biggest condolences. That's all I can say for now," ujar Jessica dengan nada serius.

Tak bisa dipungkiri, menjalani hukuman di penjara selama delapan tahun setengah adalah pengalaman yang berat bagi Jessica. Ia berbagi tentang tantangan terbesar yang harus dihadapinya selama di balik jeruji. Menurutnya, menjaga kewarasan dan kesehatan mental adalah hal yang paling sulit.

"Well I think the hardest thing would be accepting what I've to go through and stay positive and maintaining my sanity and wellness, I guess that's the hardest thing. But sometimes when I'm feeling down, that I have to pick myself up again," jelasnya.

Baca Juga: Viral! Jessica Wongso Mengaku Dipaksa Krishna Murti Akui Bunuh Mirna Salihin