Presiden Jokowi dan Prabowo Akan Hadir di Penutupan Munas Golkar Malam Ini

Munas Golkar 2024 akan mencapai puncaknya malam ini dengan kehadiran Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi dan Prabowo Akan Hadir di Penutupan Munas Golkar Malam Ini
Presiden Jokowi dan Prabowo Akan Hadir di Penutupan Munas Golkar Malam Ini. Gambar : Instagram/@golkar.indonesia

BaperaNews - Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, akan mencapai puncaknya malam ini. Acara penutupan ini dipastikan akan momentum penting dengan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Hari ini, Munas Golkar memiliki agenda padat. Sejak pagi, Munas telah diisi dengan berbagai rapat komisi. Menurut Sekretaris Sidang Munas Golkar, Ace Hasan Syadzily, tiga komisi telah bekerja sejak pagi, yaitu, Komisi Organisasi, Komisi Program Umum Partai Golkar, dan Komisi Pernyataan Politik dan Rekomendasi

Setelah sesi pagi tersebut, acara dilanjutkan dengan penyampaian visi misi calon Ketua Umum (Caketum) Partai Golkar, Bahlil Lahadalia. Menariknya, Bahlil merupakan satu-satunya calon yang akan maju sebagai Ketua Umum dan diharapkan akan ditetapkan secara aklamasi.

"Yes, jadi jam 10.00 WIB kita mulai prosesi pemilihan dan penetapan ketum dari caketum untuk ketua umum definitif," ujar Ketua Sidang Munas Golkar, Adies Kadir.

Ia juga menambahkan bahwa semua data telah diperiksa dan siap untuk finalisasi.

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam penutupan Munas Golkar ini adalah kehadiran Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Adies Kadir memastikan bahwa keduanya akan hadir malam ini.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketua Umum Golkar 2024-2029

"Yes, confirmed kemudian yang hadir Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Pak Prabowo. Yang pasti Presiden datang, dua-duanya (Jokowi dan Prabowo)," ungkapnya kepada wartawan.

Adies juga menambahkan bahwa mantan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, serta Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), juga telah diundang. Meskipun demikian, kehadiran mereka belum dapat dipastikan.

"Pak Airlangga diundang, Pak JK diundang," katanya, namun dengan catatan bahwa konfirmasi akhir berada di tangan panitia.

Selain itu, pimpinan partai politik lainnya juga turut diundang untuk menghadiri acara ini.

Bahlil Lahadalia menjadi satu-satunya calon Ketua Umum Partai Golkar yang memenuhi syarat, terutama mendapatkan dukungan dari lebih dari 30% pemilik suara Munas. Dengan dukungan ini, Bahlil diprediksi akan ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar secara aklamasi.

Menurut Adies Kadir, prosesi pemilihan dan penetapan Bahlil sebagai Ketua Umum akan dimulai pukul 10.00 WIB.

"Pagi ini, kemungkinan aklamasi sesuai dengan pandangan umum," ujarnya.

Hingga pukul 10.40 WIB, Bahlil memang belum hadir di lokasi Munas, tetapi meja pendaftaran ulang masih terbuka untuk peserta.

Baca Juga: Agus Gumiwang Sebut Bahlil Ketum Golkar Selanjutnya saat Reshuffle Kabinet