Ridwan Kamil Buka Suara Soal Video Emak-Emak Joget di Masjid Al Jabbar

Viral video emak-emak joget di Masjid Al Jabbar, Bandung dan mengundang banyak komentar negatif, salah satunya dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Buka Suara Soal Video Emak-Emak Joget di Masjid Al Jabbar
Ridwan Kamil buka suara soal video emak-emak joget di Masjid Al Jabbar. Gambar : Tangkapan Layar TikTok/w_geulis

BaperaNews - Viral video emak-emak joget di Masjid Al Jabbar, Bandung. Video emak-emak joget di Masjid Al Jabbar tersebut mendapat komentar negatif dari warganet.

Masjid yang sejatinya untuk tempat ibadah maupun kegiatan keagamaan lainnya dinilai tidak pantas menjadi tempat berjoget, diduga emak-emak tersebut berjoget karena ingin membuat konten.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut berkomentar tentang video emak-emak joget di Masjid Al Jabbar, meminta warga untuk menghargai tempat ibadah.

@w_geulis Sejumlah Mamak2 berjoget2 di Masjid Al- Jabbar ???????????? Harusnya untuk tempat sakral beribadah tapi malah buat tempat wisata berjoget2 #masjidaljabbar #bandung #ridwankamil #attitude #viralkan ♬ Astaghfirullah - Majelis Cinta & Majelis Azzahir

“Mau sampah, ketidaktertiban, PKL, tolong hargai yang namanya tempat untuk beribadah. Jangan lakukan hal-hal yang non ibadah, itu saja” ujar Ridwan Kamil Jumat (13/1).

“Pilarnya banyak ya, menyampah seharusnya tak di tempat ibadah, melanggar ketertiban, renang di tempat yang tidak seharusnya, membuat konten TikTok, jadi ibadah di tempat ibadah, silahkan lakukan hal lain tapi tidak di tempat ibadah” tegas Ridwan Kamil.

Memang sejatinya masjid maupun tempat ibadah agama lain ialah tempat untuk beribadah, harus memiliki tata krama dan adab ketika berada di dalam maupun di sekitarnya.

Diketahui Masjid Al Jabbar baru saja diresmikan pada Sabtu, 30 Desember 2022 lalu, masjid tersebut memang megah dan memiliki keunikan tersendiri sehingga membuat warga berbondong-bondong datang ingin melihatnya.

Baca Juga : Usai Diresmikan, Kolam di Masjid Al Jabbar Dipakai Warga Untuk Berenang

Masjid Al Jabbar memiliki kapasitas 30 ribu orang, 10 ribu Jemaah di indoor dan 20 ribu di area plaza atau luarnya. Sejak diresmikan, masjid tersebut tidak pernah sepi pengunjung, mulai dari pengunjung yang ingin shalat atau sekedar ingin menikmati keindahan bangunannya.

Namun sayangnya, sejumlah wisatawan justru membuat kontroversial, mulai dari berenang di area kolam untuk cuci kaki sebelum wudhu, banyaknya sampah tidak dibuang di tempatnya, hingga yang paling viral aksi sekelompok emak-emak joget di Masjid Al Jabbar.

Emak-emak tersebut berjoget di pelataran masjid dengan baju warna hitam senada dengan hijabnya juga memakai kacamata hitam, diduga emak-emak tersebut memang sengaja berjoget untuk mengabadikan momen kunjungan mereka.

Larangan Membuat Konten di Masjid Al Jabbar

Imbas dari adanya kejadian tersebut, kini Ridwan Kamil melarang warga membuat konten di area Masjid Al Jabbar.

“Sudah saya ingatkan secara langsung, jaga kebersihan dan jangan bikin konten di dalam area masjid, nanti lama-lama akhirnya bisa jadi disiplin” ungkapnya pada Minggu (15/1).

Maka ditegaskan bahwa di Masjid Al Jabbar untuk beribadah atau kegiatan keagamaan lainnya, tidak masalah hanya berkunjung ingin menikmati keindahannya atau menikmati suasana di sekitarnya, namun dilarang membuat konten terlebih untuk sesuatu yang tidak pantas dilakukan di masjid seperti berjoget.

Baca Juga : Viral! Ibu - Ibu Senam Dan Joget Di Teras Masjid Tuai Kecaman