Resmi! Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023

Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023, hal tersebut telah diterima oleh Presiden Jokowi secara simbolis dari PM Kamboja Hun Sen, dimana Ketua ASEAN sebelumnya dipegang oleh Kamboja.

Resmi! Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023
Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023. Gambar : BPMI Setpres/Laily Rachev

BaperaNews - Indonesia secara resmi menerima estafet Keketuaan ASEAN, Presiden RI Jokowi menerimanya secara simbolis dengan sebuah palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dimana Ketua ASEAN sebelumnya dipegang oleh Kamboja.

Biro Pres, Informasi, dan Media Sekretariat Presiden pada Minggu (13/11) menginformasikan tentang acara penyerahan Keketuaan ASEAN yang dilaksanakan di upacara KTT ASEAN ke-40 dan 41 di KTT lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja.

“Sebuah kehormatan untuk Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023, Keketuaan Indonesia akan membuat ASEAN Matters Epicentrum og Growth” ujar Jokowi.

Jokowi menyebut ASEAN harus jadi kawasan stabil yang damai dan jangkar stabilitas dunia juga konsisten menegakkan hukum internasional serta tidak jadi proksi siapapun.

“ASEAN harus jadi kawasan bermartabat, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan juga demokrasi” sambungnya.

Jokowi ingin ASEAN jadi wilayah yang ekonominya tumbuh cepat, inklusif, berkelanjutan. Peningkatan kapasitas institusi ASEAN juga diperhatikan Jokowi, agar bisa menjawab tantangan 2 tahun ke depan, Jokowi juga berharap pada 2045 mendatang ASEAN bisa lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

“Semua itu harus diperjuangkan dengan cara konsisten, semangat, kerjasama, serta menjalankan piagam ASEAN sepenuhnya” imbuhnya.

Di akhir pidatonya, Jokowi mengundang seluruh pemimpin Negara di ASEAN untuk datang di KTT ASEAN 2023 di Indonesia. “Saya tunggu kehadiran yang mulia di KTT ASEAN Indonesia tahun depan” tutupnya.

Baca Juga : Capaian Positif Ekonomi dan Kekayaan Budaya, Menko Airlangga Sebut Indonesia Diperhitungkan Dunia

Dalam pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan 41 tersebut, Jokowi didampingi sejumlah Pejabat, yaitu:

  1. Menkopolhukam Mahfud MD.
  2. Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto.
  3. Menlu Retno Marsudi.
  4. Mensegneg Pratikno.

Keketuaan Indonesia di ASEAN ialah bentuk kepercayaan seluruh Negara ASEAN kepada Indonesia untuk membuat ASEAN lebih baik dan membawa perubahan positif. Jokowi pun menyampaikan sejumlah usulan untuk meningkatkan kemitraan strategis AS di ASEAN, sebab dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan peningkatan hubungan kerjasama Amerika Serikat (AS) dengan ASEAN.

Tiga Usulan tersebut ialah :

  1. Mewujudkan kemitraan perdamaian dan stabilitas kawasan.
  2. Membangun kemitraan untuk ketahanan kawasan dan global.
  3. Menciptakan kemitraan untuk masa depan yang berkelanjutan.

“Kami apresiasi komitmen AS untuk clean energi di kawasan, kerjasama AS - ASEAN ini akan diarahkan untuk mendorong investasi dan alih teknologi yang rendah karbon, membuka lapangan baru transisi energi, dan menciptakan kerangka regulasi serta pendanaan kondusif” papar Menko Airlangga Hartarto.

Baca Juga : Serba Serbi KTT G20: Jadwal, Tema, Daftar Anggota Hingga Rundown Acara