PT Pos Indonesia dan Kominfo Luncurkan Perangko Spesial Paus Fransiskus

Kementerian Kominfo dan PT Pos Indonesia meluncurkan perangko seri khusus untuk menandai kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

PT Pos Indonesia dan Kominfo Luncurkan Perangko Spesial Paus Fransiskus
PT Pos Indonesia dan Kominfo Luncurkan Prangko Spesial Paus Fransiskus. Gambar : Maulana Ilhami Fawdi/Detik

BaperaNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan perangko seri khusus untuk menandai kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Acara peluncuran berlangsung di Plaza Maria, Katedral Jakarta, pada Senin (2/9).

Perangko ini dirancang sebagai penanda sejarah dan duta bangsa atas kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik ke Indonesia. Gunawan Hutagalung, Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, menekankan pentingnya perangko sebagai simbol budaya dan nasional.

"Kami dari Kominfo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penerbitan prangko seri kunjungan Paus Fransiskus ini," ungkapnya dalam seremoni peluncuran.

Gunawan menjelaskan bahwa penerbitan perangko ini mengikuti jejak dua kunjungan paus sebelumnya ke Indonesia: Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

"Pada 1989, Paus Yohanes Paulus II juga diabadikan dalam prangko. Hingga kini, prangko tersebut masih ada di Pos Indonesia dan Kominfo, dan termasuk dalam koleksi yang berharga," tambahnya. 

Perangko seri Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia akan didistribusikan ke seluruh dunia dan akan diperkenalkan saat misa, di mana perangko tersebut juga akan diberkati oleh Paus Fransiskus.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Istana Negara Bertemu Presiden Jokowi

Ignasius Jonan, Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, mengapresiasi langkah pemerintah dalam menerbitkan perangko khusus ini.

“Ini adalah kenang-kenangan berharga bagi masyarakat Indonesia, pecinta prangko, dan umat Katolik atas kunjungan Paus Fransiskus,” ujarnya.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 3 September 2024 sore. Setelah tiba, Paus akan beristirahat sebelum melanjutkan agenda di Jakarta.

Pada hari ini, Rabu (4/9) Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Selanjutnya, beliau akan bertemu dengan para imam Serikat Yesus di Gereja Katedral Jakarta dan kelompok pemuda religius di belakang Katedral.

Paus Fransiskus juga akan memimpin Misa Kudus di Stadion GBK dan Stadion Madya, Senayan, Jakarta, yang diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 86.000 hingga 90.000 umat Katolik.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Tolak Pakai Mobil Mewah Lebih Pilih Dijemput Innova Zenix