POMNAS XVIII Dihelat, Fahd A Rafiq: Jadi Momentum Persiapan Menuju ASEAN University Games 2024

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII di Kalimantan Selatan resmi dibuka, menjadi langkah awal Indonesia menuju ASEAN University Games 2024.

POMNAS XVIII Dihelat, Fahd A Rafiq: Jadi Momentum Persiapan Menuju ASEAN University Games 2024
Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Kalimantan Selatan 2023 resmi dibuka di Banjarbaru, Rabu (15/11) malam. Dalam sambutannya, Menpora berharap event ini menjadi momentum persiapan Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN University Games 2024 di Surabaya.

Menpora menilai, gelaran POMNAS bisa menjadi langkah awal untuk menyiapkan tim nasional dan kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN University Games tahun depan. Apalagi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POMNAS kali ini bertambah dari 14 menjadi 16 cabang.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa adanya POMNAS ini membuat momentum persiapan untuk Asean University Games 2024

“Adanya POMNAS ini menjadi salah satu laga pencarian bibit anak anak muda untuk perwakilan kampus kampus di event kedepannya yaitu Asean University Games 2024.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (16/11).

Sementara itu, Staf Ahli Kemendikbudristek Bidang Manajemen Talenta mengatakan kontingen POMNAS XVIII hadir dengan antusiasme dan penampilan prima. Hal itu bisa menjadi modal untuk mempersiapkan ASEAN University Games 2024.

ASEAN University Games sendiri merupakan ajang kompetisi olahraga bagi mahasiswa di kawasan Asia Tenggara yang digelar setiap 2 tahun sekali. Tahun 2024 menjadi giliran Indonesia menjadi tuan rumah setelah terakhir menjadi tuan rumah pada 2011 di Palembang.

“Semoga atlet berprestasi dari daerah ini bisa menjadi bagian dari talenta yang akan selalu meningkat kualitasnya.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (16/11).

Dengan berlangsungnya POMNAS XVIII Kalsel, para atlet universitas di Indonesia bisa menunjukkan kesiapan dan kualitas terbaiknya. Mereka turut andil dalam memperkuat tim nasional Indonesia untuk bersaing di ASEAN University Games 2024.

Momentum ini tentunya berharga untuk meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa tanah air di pentas internasional. Dengan persiapan matang dan dukungan penuh dari berbagai pihak, Indonesia optimis mampu tampil prima saat tuan rumah ASEAN University Games tahun depan.

Penulis : Ahmad G