Yogyakarta Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo, Fahd A Rafiq Turut Prihatin

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq sangat prihatin atas musibah alam berupa gempa bumi yang terjadi di wilayah Bantul, Yogyakarta.

Yogyakarta Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo, Fahd A Rafiq Turut Prihatin
Yogyakarta Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo, Fahd A Rafiq Turut Prihatin. Gambar : Dok. Istimewa

Bapera News - Musibah gempa bumi telah melanda Bantul, Yogyakarta Jumat, (30/6/23). Gempa tersebut berkekuatan 6,4 magnitudo telah mengguncang wilayah Bantul dan daerah sekitar Yogyakarta.

Diketahui gempa tersebut berpusat di laut, pusat gempa berada di 86 kilometer barat daya Bantul. Gempa tersebut memiliki kedalaman 25 kilometer.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq menyampaikan turut berduka dan prihatin terhadap musibah alam yang melanda wilayah Bantul, Yogyakarta dan sekitarnya. Diketahui banyak rumah warga dan bangunan rusak berat efek dari gempa yang berpusat di barat daya laut Bantul.

“Saya turut berduka dan prihatin atas musibah alam yang melanda wilayah Bantul Yogyakarta, banyak rumah warga dan bangunan rusak berat setelah gempa berkekuatan 6,4 itu melanda Bantul dan sekitarnya,” ujar Fahd A Rafiq.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta mengumumkan adanya 172 rumah rusak dan 164 rumah mengalami rusak ringan. Dikutip dari BPBD D.I Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul menjadi daerah terparah yang terdampak gempa Bantul.

“Semoga para masyarakat sekitar yang mengalami dampak dari gempa yang ditimbulkan dari laut, dapat diberi ketabahan dan kesabaran atas musibah alam tersebut, diketahui juga ada beberapa gempa susulan terjadi setelah gempa besar 6,4 Magnitudo tersebut, semoga masyarakat tetap tenang dan menjaga diri serta keluarga terdekat, semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian musibah alam tersebut.” Tutup Fahd A Rafiq.

Gempa ini terjadi pada Jumat malam pukul 20.58.22 WIB dengan pusat gempa berada di 8.61 LS-110.09 BT atau 83 km Barat Daya Bantul, DIY.

Penulis : FNID