Fahd A Rafiq Mengapresiasi Penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang Kental Semangat Persatuan

Borobudur Marathon 2023 sukses menghadirkan lebih dari 10 ribu pelari dari 24 negara, membawa tema 'Voice of Unity'.

Fahd A Rafiq Mengapresiasi Penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang Kental Semangat Persatuan
Fahd A Rafiq Mengapresiasi Penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang Kental Semangat Persatuan. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Ajang olahraga bertajuk Borobudur Marathon kembali digelar di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Minggu pagi.

Apresiasi diberikan Menpora atas tema “Voice of Unity” atau suara persatuan yang diusung Borobudur Marathon tahun ini. Menurutnya, tema tersebut relevan dengan situasi saat ini yang membutuhkan semangat persatuan di tingkat nasional maupun global.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mengapresiasi atas terselenggaranya event marathon besar di Indonesia ini.

“Terjadinya event Borobudur Marathon ini yang bahkan diikuti tidak hanya peserta dari Indonesia membuat mata para negara tetangga memandang Indonesia sebagai negara yang mampu menyelenggarakan event skala internasional.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (20/11).

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Tengah mengajak peserta lomba untuk terus menyuarakan semangat persatuan lewat ajang ini. Ia menilai Borobudur Marathon sudah menjadi agenda bersama untuk Indonesia dan dunia.

Borobudur Marathon 2023 mempertandingkan nomor utama 42K serta nomor pendukung setengah marathon dan 10K. Event tahun ini diikuti lebih dari 10 ribu pelari dari Indonesia dan 24 negara lainnya.

Rute marathon yang berbukit menjadi tantangan tersendiri bagi para pelari. Apalagi kondisi Candi Borobudur yang panas dan lembap. Para peserta dihimbau menjaga ketahanan tubuh dengan memanfaatkan water station sepanjang lintasan.

Dengan beragam tantangannya, Borobudur Marathon kian meneguhkan semangat sportivitas dan kerja sama di kalangan pelari. Persaingan ketat di atas lintasan berubah menjadi kebersamaan dan saling mendukung di luar lintasan demi menaklukkan medan berat.

Semangat inilah yang coba ditonjolkan penyelenggara lewat tema “Voice of Unity” pada Borobudur Marathon kali ini. Di tengah polarisasi yang kadang muncul di masyarakat, olahraga dipercaya mampu menyatukan semua elemen bangsa Indonesia tanpa terkecuali.

“Lewat ajang ini, para pelari akan membawa dan juga menyuarakan semangat persatuan, agenda ini diharapkan akan terus ada dan menjadi agenda tahunan Indonesia untuk mengadakan salah satu event sekelas internasional.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (20/11).

Dengan dukungan penuh Pemprov Jateng dan berbagai pihak, diharapkan ajang Borobudur Marathon bisa terus berkembang. Baik dari sisi partisipan lokal dan internasional, rute dan fasilitas pendukung, hingga dampak positifnya bagi kemajuan olahraga dan pariwisata Indonesia.

Penulis : Ahmad G