Fahd A Rafiq Bangga Danau Toba Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat akan kembali menggoyang Danau Toba, Sumatra Utara, pada 1-3 Maret 2024. Baca selengkapnya di sini!

Fahd A Rafiq Bangga Danau Toba Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024
Fahd A Rafiq Bangga Danau Toba Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) akan kembali digelar pada tanggal 1 hingga 3 Maret 2024 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tepatnya di kawasan Balige, Sumatra Utara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyatakan bahwa penyelenggaraan F1 Powerboat edisi 2024 di Danau Toba merupakan kesempatan kedua bagi destinasi tersebut untuk menjadi tuan rumah acara serupa. Pada tahun sebelumnya, F1 Powerboat 2023 berhasil memberikan kontribusi ekonomi sebesar Rp391 miliar.

Prestasi Indonesia sebagai penyelenggara F1H20 terbaik di dunia pada tahun sebelumnya telah meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan terhadap Indonesia.

Deputi Produk Wisata & Penyelenggaraan Kegiatan, Kemenparekraf, menekankan pentingnya menjaga predikat tersebut dengan menyelenggarakan berbagai side events seperti Toba Fest dan penampilan seni lokal Sumatra Utara.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata mengungkapkan kebanggaannya atas terpilihnya Indonesia, terutama Danau Toba, sebagai tuan rumah event olahraga air internasional yang bergengsi untuk kedua kalinya.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, dilakukan dua perbaikan utama, yaitu penyesuaian jadwal acara dengan cuaca dan penambahan event kejuaraan nasional Aquabike Jetski sebagai upaya mengembangkan atlet-atlet nasional.

Ketua umum DPP BAPERA Fahd El Fouz A Rafiq juga menyampaikan rasa bangga atas terpilihnya kembali Danau Toba menjadi tuan rumah F1 Powerboat 2024.

"Saya merasa sangat bangga melihat Indonesia, khususnya Danau Toba, dipercaya kembali sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat. Ini adalah bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dan mampu bersaing di kancah internasional,” ujar, Fahd A Rafiq, Rabu (28/02)

Kejuaraan nasional Aquabike Jetski ini juga menjadi event road to Aquabike Jetski World Championship yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet nasional yang unggul. Selain F1 Powerboat, akan diadakan juga konten budaya lokal seperti Solu Bolon Competition, yang merupakan kompetisi alat transportasi tradisional masyarakat sekitar Danau Toba.

Event ini akan menjadi kompetisi Solu Bolon terbesar di Indonesia dengan delapan kabupaten bersaing untuk memperebutkan piala bergilir.

"Saya berharap bahwa penyelenggaraan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat di Danau Toba dapat menjadi momentum penting dalam mengangkat potensi pariwisata Indonesia dan kita semua juga pasti berharap bahwa kesuksesan acara ini tidak hanya terbatas pada aspek olahraga, tetapi juga dapat menciptakan dampak positif yang nyata bagi pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal," Pungkas Fahd A Rafiq, Rabu (28/02)

Hingga saat ini persiapan untuk F1 Powerboat sudah hampir rampung. Pembalap dan kru sudah mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Silangit. Keterlibatan aktif masyarakat dalam rangkaian acara kebudayaan juga menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan F1 Powerboat ini.