Petugas Damkar Evakuasi 5 Cincin yang Nyangkut di Kemaluan Lansia

Seorang pria lansia di Yogyakarta terjebak lima cincin di area sensitifnya, memerlukan bantuan Damkarmat.

Petugas Damkar Evakuasi 5 Cincin yang Nyangkut di Kemaluan Lansia
Petugas Damkar Evakuasi 5 Cincin yang Nyangkut di Kemaluan Lansia. Gambar : Ilustrasi canva

BaperaNews - Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta menangani kasus unik dan memalukan yang melibatkan seorang pria lansia berusia 60 tahun.

Pria tersebut datang bersama istrinya ke kantor Damkarmat Yogyakarta dengan keadaan memilukan, yakni area sensitifnya terjebak lima cincin yang tidak bisa dilepas.

Kepala Bidang Operasional Damkarmat Kota Yogyakarta, Rudi Firdaus Yusuf, mengungkapkan bahwa pasangan suami istri tersebut tiba di kantor Damkarmat pada pukul 13.00 WIB.

"Mr X kita sebut, Mr X didampingi sama istrinya, 60 tahun, sudah sepuh. Minta dibantu untuk selamatkan karena ada cincin yang masih terpasang (di kelamin), sehingga kita koordinasi dengan pihak PSC (Public Safety Service)," kata Rudi pada Jumat (19/7).

Proses evakuasi ini adalah yang pertama kalinya terjadi di Kota Yogyakarta, meskipun kejadian serupa pernah terjadi di daerah lain. Rudi menjelaskan, petugas yang dikerahkan dalam evakuasi kali ini berjumlah dua orang.

Mereka memotong lima cincin yang terjebak di kemaluan pria tersebut menggunakan gerinda kecil, sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi.

“Satu megangin sama nyiramin air karena gerinda kan panas. Gerinda kecil kemudian dilapisi dengan plat supaya tidak terluka tapi pada proses pemotongan besi itu menimbulkan panas lalu kita kucuri sama air,” jelas Rudi.

Baca Juga: Viral Kemaluan Bocah di Sumsel Putus Saat Disunat Kepala Puskesmas

Beruntung, tidak ada luka atau goresan yang terjadi selama proses pemotongan cincin tersebut, dan evakuasi cincin kemaluan berhasil dilakukan dalam waktu sekitar 10 menit.

Tidak ada yang tahu pasti motivasi dari Mr. X untuk memasang cincin di alat kelaminnya. Rudi hanya mengatakan bahwa cincin tersebut berbentuk seperti monel.

"Semacam monel gitu, jadi ya gak tau maksudnya apa, iseng-iseng atau gimana, ujung-ujungnya damkar yang suruh motong," tambahnya.

Kasus ini segera menjadi viral di media sosial, memicu berbagai reaksi dari warganet. Banyak yang merasa terkejut dan heran, sementara yang lain merasa prihatin dengan kejadian tersebut. 

Selain kasus di Yogyakarta, peristiwa serupa juga terjadi di Bekasi. Pada 21 Mei 2024, seorang pria berinisial R (43) harus menahan malu setelah organ sensitifnya terjebak cincin yang sulit dilepas. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Agus Salim, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. 

Menurut Heri, Kasie Informasi dan Investigasi Disdamkarmat Kota Bekasi, pria tersebut iseng memasukkan organ sensitifnya ke sebuah cincin pada pukul 04.30 WIB.

Cincin tersebut kemudian ditarik hingga ke pangkal batang kemaluannya dan tidak bisa dilepas, terutama saat melewati ujung organnya. Setelah bingung dan panik, R akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke petugas Damkar Kota Bekasi untuk meminta pertolongan.

“Berdasarkan keterangan pelapor awalnya iseng memasukan cincin di kelaminnya dan akhirnya cincinnya turun ke bagian bawahnya,” kata Heri.

Petugas Damkar kemudian melakukan evakuasi menggunakan gerinda kecil dan proses pemotongan cincin kemaluan tersebut rampung sekitar pukul 06.30 WIB.

“Kesulitan alhamdulillah tidak ada, pelaksanaan evakuasi dilakukan secara hati-hati dan berjalan dengan lancar. Tidak ada yang terluka,” tambahnya.

Usai evakuasi, Heri berpesan kepada R untuk tidak mengulangi perbuatan iseng tersebut.

“Imbauan agar tidak mengulangi lagi karena perilaku tersebut merugikan diri sendiri,” tutup Heri.

@baperanews.com Seorang pria lansia di Yogyakarta terjebak lima cincin di area sensitifnya, memerlukan bantuan Damkarmat #viral #damkarmat #lansia ♬ 1 second count / when button pressed / time signal 03(1107043) - QUESS

Baca Juga: Rambutnya Disamakan dengan Bulu Kemaluan, Doja Cat Kesal dan Sempat Hapus Instagram