Pekerja 'Hutan Tanam Industri' Tewas Diterkam Harimau Sumatera di Riau

Seorang pekerja HTI (Hutan Tanam Industri) ditemukan tewas yang diduga kuat karena diterkam harimau Sumatra. Baca berita lengkapnya!

Pekerja 'Hutan Tanam Industri' Tewas Diterkam Harimau Sumatera di Riau
Ilustasi Harimau Yang Menerkam Pekerja Hutan Tanam Industri. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Seorang pekerja HTI (Hutan Tanam Industri) ditemukan tewas diduga karena diterkam harimau Sumatra di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. PLT Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana, mengungkapkan jenazah korban ditemukan dalam kondisi tidak utuh pada hari Sabtu 5 Februari 2022 sore.

“Sehubungan dengan konflik harimau Sumatera dengan manusia yang informasinya ini juga baru kita terima, lokasinya di PT Simpang Kanan yang mana merupakan petak 501 Pulau Muda Sinarmas Group Sabtu kemarin” ujarnya Minggu 6 Februari 2022.

Menurut Fifin, korban sendiri adalah seorang pekerja operator potong kayu di perusahaan tersebut. Kematian korban diketahui ketika salah seorang tekan korban itu mencari korban ke lokasi kerjanya, ingin mengajak korban makan siang dan istirahat, yakni pada jam 12.15 WIB.

Rekannya mencari korban tidak ada di tempat kerjanya, ia pun memanggil-manggil nama korban, namun sama sekali tidak ada sahutan. Ia terus mencari korban di sekitar lokasi kerjanya, dan ia kaget saat menemukan celana korban sudah penuh dengan darah.

Baca Juga: Viral! Seekor Harimau Hadang Sebuah Eskavator di Area Perkebunan Sawit di Sumatera Barat

“Rekan korban saat siang mencari di sekitar daerah tersebut, sekitar jarak 6 meter ditemukan celana korban sudah bersimbah darah, rekannya itu terus mencari korban sampai sore hari, tepat pada jam 17.30 WIB, ia menemukan tubuh korban yang tidak utuh, sudah tewas mengenaskan” jelasnya.

Jenazah korban, saat ini sudah dibawa oleh pihak Perusahaan ke pusat kesehatan terdekat untuk dilakukan otopsi. Balai besar KSDA Riau menyatakan sudah mengirim tim untuk memantau pergerakan harimau di Hutan Tanam Industri, mereka meminta para pekerjanya untuk berhati-hati agar tidak terjadi kejadian serupa.

Kasus seperti pekerja Hutan Tanam Industri ini bukanlah yang pertama, sebelumnya juga viral seekor harimau menghadang kendaraan alat berat di Pasaman Barat, Sumatra Barat. Kejadian ini direkam di ponsel salah seorang pekerja dan diunggah di media sosial hingga viral dan menjadi buah bibir warganet.

Banyak yang menganggap kejadian seperti ini bukanlah kesalahan hewan atau harimaunya, namun karena keserakahan manusia yang terus menerus masuk dan memanfaatkan hutan alam yang merupakan tempat tinggal harimau Sumatra dan hewan lainnya, padahal jelas harimau Sumatera adalah hewan yang dilindungi, apapun yang terjadi, kelestarian lingkungan tetaplah wajib dijadikan prioritas utama.