Pangeran Charles Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris Hari Ini

Putra Sulung Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Charles akan dinobatkan sebagai raja Inggris pada hari ini, Sabtu (10/09) untuk memimpin kerajaan Inggris selanjutnya.

Pangeran Charles Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris Hari Ini
Putra Sulung Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Charles akan dinobatkan sebagai raja Inggris pada hari ini, Sabtu (10/09) untuk memimpin kerajaan Inggris selanjutnya. Gambar : AFP/Dok. Julian Simmonds

BaperaNews - Pangeran Charles diumumkan sebagai Raja Inggris pada hari ini, Sabtu (10/9). Ia mengambil alih tahta dari ibundanya yang telah berpulang pada Kamis (8/9), Ratu Elizabeth II. Proses pengumuman biasanya dilakukan di acara Dewan Aksesi, dimulai dengan pengumpulan para anggota dewan.

Jumlah anggota dewan Aksesi kini mencapai lebih dari 700, pembatasan akan dilakukan, hanya 200 orang yang dipanggil ke acara tersebut. Anggota dewan yang dipilih akan hadir di Istana St James untuk mengumumkan pemimpin baru, namun, pewaris tahta tidak dihadirkan.

Lord President akan mengumumkan kematian penguasa terlebih dahulu, kemudian memanggil Clerk of the Council untuk membaca Proklamasi Aksesi. Dalam proklamasi tersebut, Pangeran Charles memilih gelarnya yang telah diketahui yakni Raja Charles III.

Proklamasi ditandatangani pihak terkait yaitu :

  1. Camilia dan William (istri dan anak Charles)
  2. Uskup Agung Cantebury
  3. Lord Chancellor
  4. Uskup Agung York
  5. PM Liz Truss
  6. Lord Privy Seal
  7. Lord Great Chamberlain
  8. Earl Marshal
  9. Lord President

Selanjutnya, Pangeran Charles mengadakan pertemuan dewan pertamanya dengan beberapa anggota dewan. Pangeran Charles mengumumkan deklarasi kematian Ratu Elizabeth II dan membaca sumpah. Setelahnya, barulah proklamasi pertama atas kekuasaan baru Pangeran Charles disampaikan kepada rakyat Inggris.

Proklamasi disampaikan secara langsung oleh Garter King of Arms di Istana St Hames, terompet dibunyikan, diikuti dengan tembakan penghormatan di Hyde Park dan Tower of London. Proklamasi seharusnya dilakukan 24 jam usai kematian Ratu Elizabeth II, namun,karena Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada petang hari, proklamasi baru dilakukan pada Sabtu (10/09).

Berikut beberapa agenda dan kesibukan baru Pangeran Charles usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia :

  1. Persiapan pemakaman dan transaksi resmi ke pemerintahannya.
  2. Penghormatan senjata di Hyde Park dan Tower Hill.
  3. Audiensi pertama dengan PM Liz Truss.
  4. Earl Marshal untuk menandatangani acara pemakaman.
  5. Memberi pernyataan ke Negara dan persemakmuran.
  6. Proklamasi resmi raja baru hari ini Sabtu (10/9).

Kematian Ratu Elizabeth II ialah kesedihan yang mendalam bagi Pangeran Charles dan keluarga kerajaan Inggris. “Meninggalnya ibunda tercinta yang mulia ratu merupakan moment kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya” ujarnya ketika mengumumkan kematian Ratu Elizabeth II.

Namun hidup harus tetap berjalan, kini Pangeran Charles siap jadi pemimpin Kerajaan Inggris dan melanjutkan perjuangan ibundanya untuk kemakmuran dan kesejahteraan negaranya.

Baca Juga : Pangeran Charles Gantikan Ratu Elizabeth II, Simak Daftar Pewaris Tahta Kerajaan Inggris