Indonesia Jadi Negara Nomor 1 Termager Sedunia

Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara termalas di dunia menurut riset Universitas Stanford.

Indonesia Jadi Negara Nomor 1 Termager Sedunia
Indonesia Jadi Negara Nomor 1 Termager Sedunia. Gambar : MI/Dok. Ramdani

BaperaNews - Mager atau malas gerak bisa berdampak buruk pada kesehatan. Sayangnya, masyarakat di berbagai negara masih termasuk mager, malas melakukan aktivitas seperti olahraga atau gerak tubuh lainnya dan lebih memilih rebahan atau bersantai di sepanjang waktu luangnya.

Baru-baru ini Universitas Stanford membuat riset tentang negara-negara dengan masyarakat mager. Penelitian Dilakukan sejak tahun 2017 melibatkan 700 ribu orang dari 46 negara seluruh dunia.

Hasil penelitian diunggah di laman Jurnal Nature. Salah satu indikasi mager yang dipakai ialah jumlah rata-rata langkah kaki penduduk di suatu negara.

Makin sedikit langkah yang terlihat, artinya masyarakat di negara tersebut dianggap makin malas atau mager. Dan hasilnya, Indonesia berada di peringkat pertama negara termalas di dunia.

Rata-rata penduduk Indonesia hanya berjalan kaki 3.513 langkah per hari. Padahal untuk bisa mendapatkan kesehatan, ahli kesehatan menyarankan agar orang dewasa berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah per hari.

Tidak heran jika Indonesia ditetapkan sebagai negara termalas di dunia. Masyarakat Indonesia lebih banyak memakai kendaraan seperti motor bahkan ketika bepergian dalam jarak dekat. Sangat jarang yang bepergian dengan jalan kaki. Menjadi negara termalas menurut survey ini tentu bisa berdampak untuk kesehatan masyarakat Indonesia.

Diketahui selain terkenal sebagai negara paling malas sedunia, masyarakat Indonesia juga banyak yang tergolong gemuk atau obesitas dan jumlahnya naik dari tahun ke tahun. Hal ini juga dampak dari mager yang merupakan gambaran Indonesia adalah negara paling malas sedunia. 

Baca Juga : Ups! Video Promosi Pariwisata Filipina Ketahuan "Curi" Pemandangan Alam Indonesia

Dari data Riskesdas 2018, obesitas Indonesia berada di angka 21,8 dan terus naik dari 14,8 pada tahun 2013 serta 10,5 di tahun 2007. Sebagai negara paling malas sedunia, masyarakat Indonesia dirasa butuh perubahan dengan lebih rajin bergerak atau jalan kaki meski memang tidak bisa serta merta diterapkan mengingat cuaca di Indonesia yang cenderung panas dan pertimbangan dari sisi keamanan.

Jika lebih banyak orang Indonesia yang berjalan kaki tentunya juga masyarakat lebih aman melakukan aktifitas dengan jalan kaki dibanding dengan terbiasa mager.

Berbanding terbalik dengan Indonesia, HongKong menjadi negara dengan masyarakat paling rajin jalan kaki. Orang-orang di HongKong terbiasa jalan kaki dengan kecepatan 6-7 km per jam dan terbiasa jalan kaki di sepanjang aktivitas hariannya.

Daftar 10 Negara Termager di Dunia

  1. Indonesia (3.513 langkah per hari)
  2. Arab Saudi (3.807 langkah per hari)
  3. Malaysia (3.963 langkah per hari)
  4. Filipina (4.008 langkah per hari)
  5. Afrika Selatan (4.105 langkah per hari)
  6. Qatar (4.158 langkah per hari)
  7. Brasil (4.289 langkah per hari)
  8. India (4.297 langkah per hari)
  9. Mesir (4.315 langkah per hari)
  10. Yunani (4.350 langkah per hari)

Baca Juga : Jokowi Resmikan Stadion Indoor Terbesar di Indonesia