Anies Resmikan 1.348 Unit Hunian DP Rp 0 Di Cilangkap Dan Pondok Kelapa

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmikan 1.348 unit hunian DP Rp 0 di Nuansa Cilangkap dan Nuansa Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Anies Resmikan 1.348 Unit Hunian DP Rp 0 Di Cilangkap Dan Pondok Kelapa
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmikan 1.348 unit hunian DP Rp 0 di Nuansa Cilangkap dan Nuansa Pondok Kelapa Jakarta Timur. Gambar : Dok. Sabik Aji Taufan/ JawaPos.com

BaperaNews - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan hunian DP Rp 0 di Nuansa Cilangkap dan Nuansa Pondok Kelapa Jakarta Timur, total rumah yang diresmikan sebanyak 1.348 unit.

Acara peresmian dilakukan di Nuansa Cilangkap Menara Kanaya Jakarta Timur pada Kamis (8/9) mulai pukul 09.00 WIB, Anies hadir didampingi oleh Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza dan jajaran lainnya.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini Kamis 8 September 2022, 1.348 unit Jakhabitat Hunian DP nol rupiah secara resmi digunakan” ujar Anies.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) DKI Jakarta Sarjoko yang juga ikut meresmikan menyampaikan hunian tersebut dibuat oleh Perumda Sarana Jaya dengan rincian 480 unit Menara Nuansa Pondok Kelapa dan 868 Menara Kanaya Nuansa Cilangkap.

“Hunian Jakhabitat DP 0 rupiah yang diresmikan Pak Gubernur hari ini dibangun oleh Perumda Sarana Jaya berada di 2 lokasi yaitu Menara Nuansa Pondok Kelapa sebanyak 480 unit dengan rincian 236 unit tipe studio dan 244 kamar tipe dua kamar” terangnya.

Baca Juga : Naik Jadi Rp 14.500, Erick Thohir : Kemungkinan Harga Pertamax Bisa Turun

“Sedangkan Menara Kanaya Nuansa Cilangkap sebanyak 868 unit hunian dengan 538 tipe studio dan 330 hunian tipe 2 kamar” sambungnya.

Hunian juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti balai warga, ruko, taman anak-anak, dan kios untuk berdagang. Pendaftaran untuk memiliki hunian tersebut tidak dikenai biaya alias DP Rp 0. Pendaftaran dibuka mulai Kamis (8/9) secara online, diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Sebagai proses awal bagi calon penerima manfaat akan mendapat fasilitas biaya kepemilikan rumah yang akan disalurkan kepada Dinas Perumahan Rakyat melalui BLUD unit Pengelolaan Dana Perumahan” jelasnya.

Anies menyatakan program ini bertujuan memberikan hunian yang terjangkau di ibukota bagi masyarakat. “Karena selama ini banyak pembicaraan di luar adalah soal DP 0 seakan-akan program di DKI hanya DP 0 padahal programnya ada banyak, ini DP 0 hanya salah satunya” pungkas Anies.

Program hunian DP Rp 0 ini ialah salah satu janji kampanye Anies pada Pilkada 2017 lalu, diperuntukkan bagi amsyarakat dengan penghasilan redah ataupun masyarakat yang sulit mendapat hunian komersial. Program rumah sederhana lain selain rumah hunian DP Rp 0 ialah rusunawa dan kawasan berorientasi transit.