Nadiem Makarim Sebut Alasan Kenapa Siswa Indonesia Tak Masuk Kampus Dunia

Pelajar Indonesia kini memiliki akses lebih besar ke beasiswa untuk pendidikan di luar negeri berkat program Beasiswa Indonesia Maju yang diprakarsai oleh Nadiem Makarim. Baca selengkapnya di sini!

Nadiem Makarim Sebut Alasan Kenapa Siswa Indonesia Tak Masuk Kampus Dunia
Nadiem Makarim Sebut Alasan Kenapa Siswa Indonesia Tak Masuk Kampus Dunia. Gambar : Dok. Setkab

BaperaNews - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, mengungkapkan beberapa alasan mengapa pelajar Indonesia sebelumnya tidak banyak masuk ke kampus-kampus top dunia.

Menurut Nadiem, salah satu alasan utamanya adalah kurangnya keberanian dan rasa percaya diri di kalangan pelajar untuk mendaftar kuliah atau beasiswa ke luar negeri.

"Ini alasannya kenapa pada tidak masuk sekolah top. Satu alasannya, karena banyak yang enggak berani apply," ujar Nadiem Makarim dalam sebuah wawancara yang dikutip dari akun YouTube resmi penyanyi Putri Ariani pada Jumat (22/3).

Selain itu, Nadiem juga menyoroti minimnya fasilitas yang tersedia bagi pelajar Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam mengajukan aplikasi kuliah atau beasiswa ke perguruan tinggi dan universitas-universitas terkemuka di dunia.

Untuk mengatasi tantangan ini, Nadiem meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju yang bertujuan untuk membantu pelajar Indonesia dalam mempersiapkan diri untuk melamar beasiswa atau masuk ke kampus-kampus luar negeri.

Baca Juga: Putri Ariani Dapat Beasiswa Dari Nadiem Makarim

"Melalui program Beasiswa Indonesia Maju, kami memberikan persiapan awal kepada pelajar saat mereka masih berada di SMA, termasuk latihan menulis esai dan persiapan lainnya. Sejak diluncurkan, program ini berhasil meningkatkan jumlah pelajar Indonesia yang berhasil masuk ke kampus-kampus terkemuka hingga empat kali lipat," jelas Nadiem.

Nadiem juga menekankan bahwa peluang bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri semakin meningkat dengan meningkatnya alokasi anggaran dana abadi pendidikan untuk memberikan bantuan beasiswa.

"Dengan adanya peningkatan alokasi anggaran ini, pelajar Indonesia kini memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa untuk jenjang S1. Sekarang, pelajar Indonesia bisa langsung mendaftar beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3 melalui LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)," tambahnya.

Baca Juga: Nadiem Makarim Ungkap Manfaat Marketplace Guru Untuk Sekolah