Gelar Makan Bersama, Jokowi Izin Pamit dengan Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi gelar jamuan perpisahan bersama Kabinet Indonesia Maju, dihadiri Prabowo dan pejabat negara lainnya.

Gelar Makan Bersama, Jokowi Izin Pamit dengan Kabinet Indonesia Maju
Gelar Makan Bersama, Jokowi Izin Pamit dengan Kabinet Indonesia Maju. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar jamuan makan siang bersama Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (18/10/2024).

Acara ini merupakan bagian dari momen perpisahan Presiden Jokowi menjelang berakhirnya masa jabatannya pada 20 Oktober 2024.

Jamuan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, wakil menteri, serta pimpinan lembaga tinggi negara.

Acara berlangsung dalam suasana santai, dengan dialog dan canda tawa menghiasi pertemuan tersebut. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, membuka acara dengan sambutan singkat yang penuh penghormatan kepada Presiden Jokowi dan seluruh tamu yang hadir.

"Selamat datang di Istana Negara. Ini adalah acara makan siang bersama. Agenda utamanya nanti Bapak Presiden yang menyampaikan," ujar Pratikno.

Setelah sambutan, para tamu menikmati hidangan prasmanan dengan menu khas Indonesia seperti soto bangkong, asinan, nasi liwet, kambing guling, pempek, dan mie ayam.

Para menteri dan tamu undangan mengambil makanan dari stan-stan yang telah disediakan, menciptakan suasana yang akrab.

Presiden Jokowi duduk di meja utama bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Suasana kekeluargaan terasa kuat dengan interaksi hangat antara Jokowi dan para menterinya, yang berlangsung dari meja ke meja.

Baca Juga : Sri Mulyani dan 2 Wamen ke Istana untuk Makan Siang Terakhir Bersama Jokowi

Di akhir jamuan, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan yang merefleksikan 10 tahun perjalanan pemerintahannya. Ia mengenang tantangan-tantangan yang dihadapi bersama Kabinet Indonesia Maju dalam berbagai rapat, baik itu rapat kabinet, rapat terbatas, maupun rapat internal.

"Kita telah lalui bersama-sama, banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal," ungkap Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh jajaran kabinetnya atas kerja keras dan dedikasi selama satu dekade terakhir. Ia berharap segala upaya yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan kabinet yang baru. Selain itu, ia meminta maaf kepada seluruh jajaran kabinetnya jika selama masa kerjanya terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Jokowi juga membagikan rencananya setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden. Pada hari Minggu (20/10/2024), ia akan kembali ke kampung halamannya di Solo. Dengan hangat, Jokowi mengundang siapa saja yang kebetulan melewati Solo untuk mampir ke rumahnya.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja, 30 menit lewat tol bisa mampir kalau ingin ke Solo. Sekali lagi, mohon maaf," ujar Jokowi.

Jamuan makan siang ini bukan sekadar acara formal perpisahan, tetapi juga momen keakraban yang berkesan bagi Jokowi dan seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju.

Suasana penuh kehangatan ini mencerminkan hubungan erat antara Jokowi dengan para menteri serta pejabat tinggi negara lainnya.

Momen ini menjadi catatan sejarah, menandai akhir dari masa pemerintahan Jokowi yang telah berjalan selama 10 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berpamitan dengan penuh hormat kepada Kabinet Indonesia Maju yang telah bekerja sama dengannya selama satu dekade terakhir.

Baca Juga : Jokowi Diantar ke Bandara, Prabowo Akan Diarak ke Istana Saat Pelantikan Presiden