Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru. SImak Selengkapnya!

Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI
Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI. Gambar : Tangkapan Layar Youtube/ SekretariatPresiden

BaperaNews - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 23/P/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Prosesi pelantikan

Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan dan menandatangani surat keputusan pelantikan. Jenderal Agus Subiyanto kemudian menyematkan tanda pangkat Panglima TNI kepada dirinya sendiri. Presiden Jokowi juga memberikan ucapan selamat dan harapan kepada Jenderal Agus Subiyanto.

Baca Juga : Profil Jenderal Agus Subiyanto Yang dilantik Menjadi Panglima TNI Hari ini

Latar belakang Jenderal Agus Subiyanto

Jenderal Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Kodam Jaya, Wakasad, dan Kasad. Ia juga memiliki pengalaman dalam operasi militer, intelijen, dan antiterorisme.

Tantangan dan tugas Panglima TNI

Jenderal Agus Subiyanto menghadapi tantangan dan tugas yang berat sebagai Panglima TNI. Ia harus memimpin TNI dalam menjaga kedaulatan, keutuhan, dan keamanan negara. Ia juga harus meningkatkan profesionalisme, kesejahteraan, dan kesehatan prajurit TNI. Selain itu, ia harus menjalin kerjasama dengan institusi lain, baik di dalam maupun luar negeri, dalam mengatasi berbagai ancaman dan masalah strategis.

Harapan masyarakat dan pemerintah

Masyarakat dan pemerintah berharap Jenderal Agus Subiyanto dapat menjalankan tugasnya sebagai Panglima TNI dengan baik, amanah, dan bertanggung jawab. Ia diharapkan dapat membawa TNI menjadi lebih kuat, profesional, modern, dan berwibawa. Ia juga diharapkan dapat menjaga netralitas TNI dalam politik dan mendukung pembangunan nasional.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga : Jokowi Teken UU ASN, Jabatan Sipil Terbuka untuk TNI-Polri