Mulai November, Google Meet Batasi Layanan Gratis Maksimal 1 Jam

Google Meet akan membatasi layanan gratis mulai November 2022 mendatang, nantinya penggguna akan dibatasi maksimal 1 jam.

Mulai November, Google Meet Batasi Layanan Gratis Maksimal 1 Jam
Google Meet akan membatasi layanan gratis mulai November 2022 mendatang, nantinya penggguna akan dibatasi maksimal 1 jam. Gambar : Unsplash.com/Dok. Surface

BaperaNews - Google Meet jadi layanan video conference favorit karena memiliki banyak fitur dan memberikan kemudahan penggunanya, terlebih layanan Google Meet dapat digunakan secara gratis tanpa batasan.

Namun aplikasi Google Meet bakal membatasi layanan gratis dan berlakukan biaya langganan mulai 2 November, nantinya penggunaan Google Meet gratis akan dibatasi hingga maksimal 1 jam.

Pengguna bakal dikenakan biaya berlangganan bila menggunakan Google Meet lebih dari 1 jam penggunaan, nantinya pengguna bakal diberi notifikasi pada menit ke-50 bila waktu meeting akan berakhir dalam waktu 10 menit lagi.

Fitur Google Meet gratis bakal otomatis berakhir setelah meeting berjalan 60 menit, tentu hal ini sangat disayangkan karena selama ini Google Meet menjadi satu-satunya layanan Video Conference atau Group Call dengan kualitas terbaik tanpa memiliki batas waktu.

Baca Juga : Agar Tak Telepon Satu-Satu, WhatsApp Buat Fitur Yang Manjakan Pengguna Lewat Tautan Link

Layanan berbayar ini telah lebih dulu dilakukan oleh rivalnya, yakni Zoom. Zoom juga memberikan batasan kepada pengguna gratis dengan maksimal waktu 40 menit.

Untuk mendapatkan layanan unlimited video conference atau group call, pengguna perlu membeli paket Google One Premium dengan harga paket Rp135.000 /bulan.

Dengan berlangganan Google One Premium, pengguna juga dapat menikmati layanan penyimpanan hingga 2 TB, dan berbagai fitur lainnya.

Aturan ini berlaku mulai tanggal 2 November untuk semua platform baik PC, Android dan juga iOS.

Seperti kita tahu, saat ini berbagai sektor baik pendidikan, hingga industri perkantoran masih bergantung dengan layanan video meeting online semenjak pandemi Covid-19. 

Meski pandemi telah mereda, namun penggunaan video conference online tak bisa ditinggalkan. Sebab memberikan banyak manfaat dan kemudahan untuk bertatap muka tanpa harus bertemu secara langsung.

Baca Juga : Kominfo Akan Tutup Google, FB Hingga TikTok Bila Sebar Hoaks Pemilu