Merinding! Ada Video Insiden Hujan Cacing di China dan Norwegia

Viral video di media sosial adanya fenomena hujan cacing di China tepatnya di Provinsi Liaoning. Namun, pihak berwenang belum menanggapi dari mana cacing-cacing tersebut berasal.

Merinding! Ada Video Insiden Hujan Cacing di China dan Norwegia
Video Insiden Hujan Cacing di China dan Norwegia. Gambar : Tangkapan Layar Twitter/@NilofarAyoubi

BaperaNews - Viral video di media sosial terjadi hujan cacing di China tepatnya di Provinsi Liaoning. Hujan cacing membuat penduduk di wilayah tersebut panik, mereka berebut tempat untuk mendapat tempat berteduh, melindungi diri dari cacing yang berjatuhan. Cacing juga nampak jatuh di rumah hingga mobil warga.

Ternyata, hujan cacing tidak hanya terjadi di China, di Norwegia juga pernah terjadi hal serupa sekitar 8 tahun lalu. Hujan cacing di China ini dihubungkan dengan fenomena aneh, pemerintah setempat sempat meminta warganya untuk membawa payung jika keluar rumah.

Ada hipotesis bahwa benda yang jatuh itu bukanlah cacing, namun bunga poplar yakni bunga dari pohon tulip yang bentuknya mirip cacing. “Ini bukan binatang cacing, ini bunga yang jatuh dari pohon” ujar seorang warganet China di media sosial.

Jurnal Sains Mother Nature Network juga menegaskan mustahil jika cacing bisa berjatuhan seperti hujan, jika memang ada cacing jatuh, itu karena cacing terbawa oleh angin kuat dan kemudian mereka terangkat ke udara sehingga berjatuhan di suatu wilayah. Tidak mungkin cacing berasal dari awan layaknya air hujan.

Baca Juga : Tulang Punggung Gajah di Thailand Miring Usai Angkut Turis Selama 25 Tahun

Sedangkan fenomena hujan cacing di Norwegia terjadi pada tahun 2015. “Saya melihat ribuan cacing tanah di salju, saat melihatnya mereka seperti sudah mati, tapi ketika saya angkat ternyata mereka masih hidup” tutur seorang guru biologi Norwegia bernama karstein Erstad yang mengetahui kejadian tersebut.

Insiden serupa di Norwegia juga pernah terjadi di Bergen dan Molde Norwegia. Dugaan sementara ialah cacing terangkat oleh kantung udara yang kemudian membuat mereka jatuh di lokasi yang berada beberapa km dari habitatnya.

Cacing sendiri ialah hewan melata yang biasa hidup di dalam tanah. Tentunya jika berada dalam jumlah banyak dan di sekitar manusia akan membuat seseorang merasa risih dan tak biasa. Cacing juga bisa beresiko menimbulkan berbagai penyakit terutama yang berasal dari habitat lembab dan kotor.

Hingga berita ini disampaikan, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah ataupun pihak berwenang tentang fenomena hujan cacing di China tersebut, juga belum ada kepastian video yang beredar tentang fenomena hujan cacing di China benar nyata atau hanya hoax.

Baca Juga : Pria di Thailand Dipenjara 2 Tahun Usai Jual Kalender Gambar Bebek Karet