Waduh! Karyawan New York Dilarang Main TikTok, Kenapa?

Pemerintah kota New York telah mengambil langkah tegas dengan melarang penggunaan TikTok bagi pejabat dan pegawai pemerintah.

Waduh! Karyawan New York Dilarang Main TikTok, Kenapa?
Waduh! Karyawan New York Dilarang Main TikTok. Gambar : Unsplash/Solen Feyissa

BaperaNews - Pemerintah kota New York resmi terapkan larangan main TikTok untuk kalangan pejabat dan pegawai pemerintah. TikTok dilarang digunakan di semua telepon seluler dan komputer milik pemerintah dengan alasan meningkatkan keamanan siber.

“Alasan larangan karyawan new York main TikTok ini karena kita harus memastikan kita selalu memakai platform ini dengan cara yang aman walaupun media sosial memang sangat bagus dalam menghubungkan warga New York satu sama lain” kata Jubir New York Jonah Alian hari Kamis (17/8).

Divisi siber New York dikerahkan untuk bersihkan perangkat milik pemerintah dari aplikasi TikTok. Larangan main TikTok diterapkan hanya untuk pegawai pemerintah, untuk pegawai swasta masih bisa menggunakannya seperti biasa.

“Komando siber NYC secara rutin menjajaki dan memajukan langkah proaktif untuk menjaga data warga tetap aman” imbuhnya.

Walikota New York Eric Adams mengkritik adanya promosi kejahatan yang menurutnya ada di TikTok yang juga jadi salah satu alasan adanya aturan larangan karyawan New York main TikTok. Erics menyebut di TikTok banyak unggahan berbahaya dan provokatif. 

Baca Juga : Pejabat Prancis Dilarang Main TikTok dan Nonton Netflix Pakai Hp Kantor

“Saya yakin bahwa TikTok adalah bom waktu ketika ia terus memakai dan mengeksploitasi konflik di dalam kota untuk mempromosikan kekerasan” ujar Eric.

Maka dengan adanya larangan main TikTok bagi para pegawai pemerintah, TikTok wajib dihapus dari perangkat para pegawai pemerintah baik itu telepon seluler maupun laptop dan komputer selambatnya 30 hari setelah aturan diberlakukan serta dilarang mengunduh atau menggunakan TikTok di jaringan WiFi yang dimiliki pemerintah.

Tidak ada badan yang mendapat pengecualian untuk larangan karyawan New York main TikTok, aturan diterapkan di semua lembaga pemerintah New York namun ada hal khusus yang diijinkan yakni jika TikTok hendak dipakai untuk kepentingan hukum misalnya untuk penyelidikan dan mengamati suatu hal.

TikTok ialah media sosial asal China. TikTok sudah sejak lama dicurigai Amerika Serikat sebagai aplikasi mata-mata meski bos TikTok sendiri sebelumnya telah menyampaikan bahwa TikTok di AS sama sekali bukan mata-mata sebab tidak ada karyawan dari China.

Untuk TikTok yang beroperasi di AS tentunya diisi oleh karyawan warga AS sendiri. Konten yang ada di TikTok juga buatan pengguna itu sendiri yang ditampilkan pada pengguna lain. Namun tetap saja pemerintah merasa curiga pada keberadaan TikTok.

Baca Juga : Biar Cuan, Gini Cara Dapat Ads Revenue Sharing dari Twitter